Brilio.net - Cuaca adalah keadaan udara di atmosfer pada saat tertentu dan wilayah tertentu yang relatif sempit dan jangka waktu yang singkat. Cuaca terbentuk dari gabungan unsur-unsur cuaca selama suatu periode tertentu. Cuaca berbeda dengan iklim.

Iklim merupakan suhu rata-rata udara dalam waktu lama pada daerah yang sangat luas. Proses terjadinya cuaca dan iklim merupakan kombinasi dari variabel-variabel atmosfer yang sama. Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai cuaca, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (29/6).

Pengertian cuaca

pengertian cuaca dan unsurnya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Wolfgang Hasselmann

Cuaca adalah keadaan atmosfer di suatu tempat pada waktu tertentu yang berkaitan dengan suhu udara, sinar matahari, angin, hujan, dan kondisi udara lainnya. Pendapat lain menyebutkan bahwa cuaca adalah keadaan atau kelakuan atmosfer pada waktu tertentu yang sifatnya dapat berubah dari waktu ke waktu. Sedangkan, ilmu yang mempelajari tentang cuaca disebut dengan meteorologi.

Cuaca memiliki perbedaan dengan iklim karena cuaca bisa bersifat panas, dingin, basah, dan kering. Cuaca pada periode tertentu disebabkan karena perubahan udara di sekeliling bumi saat udara memanas atau mendingin.

Dilansir dari laman Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), cuaca adalah keadaan atmosfer yang menggambarkan tingkat panas atau dingin, basah atau kering, tenang atau badai, serta cerah atau berawan.