Brilio.net - Sesuai namanya, teks prosedur adalah teks dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana cara membuat dan melakukan sesuatu beserta step by step atau langkah-langkahnya. Ciri khas teks prosedur yaitu terdapat kalimat "How to make something?".

Teks prosedur sebenarnya mudah, seperti halnya saat membuat langkah-langkah dalam bahasa Indonesia. Menjadi hal rumit karena bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Tujuan dari eksistensi teks prosedur yaitu untuk menjelaskan cara bagaimana menyelesaikan suatu masalah.

Untuk memahami teks prosedur dalam bahasa Inggris, berikut ulasannya sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (19/9).

Ciri-ciri teks prosedur dalam bahasa Inggris.

Ada beberapa ciri khas dari teks prosedur, antara lain:

1. Teks prosedur harus menggunakan Simple Present Tense. Artinya menggunakan V1 (kata kerja pertama) dan juga to be is, am, are. Contoh:
- The computer is ready.
- While the egg is ready, put the seasoning.
- Wait until the sunny side up is rises.

2. Teks prosedur menggunakan kalimat perintah (imperative). Contoh:
- Open the door!
- Don't forget to press the 'on' button!
- Close the windows!

3. Teks prosedur harus menggunakan kata keterangan urutan (sequence words). Misal, first, second, then, after that, dan sebagainya. Contoh:
- First, open the door.
- Second, crack and pour the egg into the pan.
- Finally, the noodle is ready to eat.

4. Teks prosedur menggunakan action verbs atau kata kerja tindakan di dalamnya. Misal, write, cut, go, drink, eat, dan sebagainya.

 


Magang: Ricka Milla Suatin