Brilio.net - Nama Agus Setiawan warga negara Indonesia sebetulnya sudah tidak asing lagi. Dia adalah seorang YouTuber dari kanal VIGUS GITANO. Sosoknya ramai dibicarakan orang-orang lantaran aksinya memungut botol bekas di Jerman.

Agus Setiawan saat ini memang tinggal di Jerman bersama dengan keluarganya. Ia hidup bersama istri dan juga dua anaknya yang masih kecil. Meski pernah memungut barang bekas, namun dirinya mengaku tidak malu.

Lewat kanal YouTube miliknya, Agus dan istri yaitu Viola berbagai kisah hidup sederhana mereka selama menjadi suami istri. Dia juga menceritakan bagaimana pertemuan awal dengan Viola hingga akhirnya menikah. Berikut brilio.net rangkum dari channel YouTube VIGUS GITANO, Rabu (13/1).

wni cari rongsokan di jerman © Berbagai Sumber

foto: Instagram/@vigus.vio

Loading...

Awal pertemuan Agus dan Viola bermula di tempat kursus bahasa di Jerman. Saat itu pria asal Cirebon ini kerap bertemu dengan Viola, hingga akhirnya tumbuh benih cinta.

"Awalnya biasa saja, enggak ada niatan buat dapat bule. Karena kita kerja di satu perusahaan, tapi beda departemen. Enggak tahu kenapa mungkin jodohnya, setiap kali kita mau kerja ketemu gitu di jalan setiap hari. Lama kelamaan saling sapa, saling sapa, nongkrong bareng, akhirnya timbullah benih-benih cinta," kata Agus seperti dikutip dari channel YouTube VIGUS GITANO.

wni cari rongsokan di jerman © Berbagai Sumber

foto: YouTube/VIGUS GITANO

Setelah mantap dengan keputusannya, Agus dan Viola menikah secara agama di Indonesia. Sebuah proses yang tak mudah bagi keduanya, sebab banyak hal yang harus diurus.

"Ini susah banget bagi saya, kami enggak bisa nikah di Jerman dan harus nikah di Denmark," terang Viola.

Selain faktor lain mengapa keduanya menikah secara agama di Indonesia, sebab pasangan suami istri ini kala itu sama-sama bekerja. Agus yang bekerja di kapal saat itu tak bisa berhenti karena ada orangtua dan adik-adiknya yang harus dibiayai.

wni cari rongsokan di jerman © Berbagai Sumber

foto: YouTube/@VIGUS GITANO

Ada cerita unik selama proses akad tersebut. Uang mahar yang diberikan Agus disangka uang untuk membeli Viola. Hal itu diungkapkan oleh Viola langsung dalam kanal mereka.

"Saya enggak nervous dan tidak mengerti banyak bahasa Indonesia. Jadi dia translate, kamu harus begini di Indonesia dengan imam. Saya cuma duduk. Dan Imam bilang ikuti saya, bla bla bla. Dan suddenly dia kasih uang ke saya. Jadi saya bilang, 'So you buy me now? haha'. Karena aneh banget dia kasih uang," papar Viola.

wni cari rongsokan di jerman © Berbagai Sumber

foto: YouTube/VIGUS GITANO

Setelah melewati kesulitan saat mengurus pernikahan, akhirnya Agus dan Viola bisa menikah secara hukum di Denmark. Saat itu Viola sedang hamil putra pertamanya.

"Oke hari ini kita akan menikah di Denmark. Akhirnya kita bisa menikah secara official di Jerman. Karena kita butuh banget surat ini ke depannya, buat keluarga. Sekarang kita berusaha menikah di Denmark," terang Agus.

Dari pernikahan tersebut Agus dan Viola diberkati dua anak. Viola juga menceritakan bagaimana pengalaman hamil pertamanya saat itu.

wni cari rongsokan di jerman © Berbagai Sumber

foto: YouTube/VIGUS GITANO

Jam 07.00 air ketuban Viola pecah di tangga apartemen kami dan Viola bilang bayinya mau keluar. Dan akhirnya kami memutuskan untuk telepon emergency dan melahirkan di rumah," kenang Agus.

Agus juga pernah membagikan video dirinya yang sedang mencari rongsokan di Jerman. Dia berkeliling dari rumah ke rumah untuk mengambil botol bekas. Botol-botol itu nantinya akan ditukar oleh Agus menjadi uang.

wni cari rongsokan di jerman © Berbagai Sumber

foto: YouTube/VIGUS GITANO

Di Jerman sendiri, setiap supermarket memiliki mesin recycle untuk menukar botol dengan uang. Perlu diketahui, hanya botol-botol yang memenuhi kriteria tertentu yang bisa ditukarkan dengan uang.

"Jadi ini kita bisa minta duitnya langsung tanpa harus belanjain, tapi karena kita mau belanja bahan makanan, jadi kita mau pakai ini buat bayar di kasir," kata Agus.

wni cari rongsokan di jerman © Berbagai Sumber

foto: YouTube/@VIGUS GITANO

Aksi Agus dan istrinya mengumpulkan botol-botol ini pun mendapatkan respons positif dari warganet. Bahkan mereka memberikan dukungan kepada keduanya.

"Salut istri baik banget mau diajak susah, semuga diberi rezeki yg berlimpah Aamin bt calon bayinya," tulis Elfira Chandra.

"Proud of you.. really perfect family," imbuh Maya Rosmayani.

RECOMMENDED BY EDITOR