Brilio.net - Maraknya virus corona atau COVID-19 membuat banyak orang lebih waspada. Mulai dari menjaga kesehatan, mengikuti langkah pemerintah dengan menjalani sistem social distancing dan lain sebagainya.

Selain itu, beberapa cara lainnya seperti penyemprotan cairan disinfektan juga merupakan salah satu langkah untuk pencegahan virus corona. Di Indonesia sendiri, langkah ini mulai gencar dilakukan di tempat-tempat umum dan perkantoran.

Cairan disinfektan diyakini sangat ampuh untuk membunuh kuman nakal dan virus mematikan seperti corona. Melihat kebutuhannya yang semakin meningkat, cairan ini pun mulai langka di pasaran. Jika pun ada, harganya juga sudah mulai melonjak.

Salah satu solusinya adalah, mengetahui bagaimana cara pembuatannya. Dengan begitu orang bisa membuatnya sendiri tanpa harus khawatir mengenai kelangkaan atau kenaikan harga cairan tersebut.

Berikut cara membuatnya seperti yang dilansir brilio.net dari liputan6.com, Selasa (24/3).

Loading...

Disinfektan dari cairan pemutih

Kamu bisa membuat disinfektan sendiri, yakni yang mengandung natrium hipoklorit seperti yang ada dalam cairan pemutih. Disinfektan jenis ini dianggap mampu membunuh bakteri dan mikroorganisme spektrum luas.

Perlu diketahui, disinfektan berbahan cairan pemutih memiliki sifat kaustik. Sifat kaustik mampu menimbulkan kerusakan dan iritasi pada kulit tubuh. Penggunaan cairan pemutih untuk membuat disinfektan rumahan juga memiliki risiko mematikan.

Kamu haru memperhatikan takaran yang pas dalam penggunaan pemutih sebagai disinfektan buatan. Dianjurkan konsentrasi sodium hipoklorit yang sudah ada tidak telalu tinggi. Dengan menggunakan disinfektan, maka lingkungkungan akan terhindar dari kuman, bakteri dan virus.

Alat membuat disinfektan:

- Botol plastik atau kaca

- Gelas ukur lap flanel atau kain microfiber

- Sarung tangan karet

- Masker N95

Bahan membuat disinfektan:

- 30 ml cairan pemutih untuk 1 liter

- Air bersih

Cara membuat disinfektan:

- Masukan cairan pemutih ke dalam botol plastik atau kaca

- Tambahkan air bersih dan aduk hingga tercampur rata

- Cairan disinfektan sudah siap digunakan

Setelah itu, kamu bisa menafaatannya pada lingkungan sekitar. Disinfektan memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

RECOMMENDED BY EDITOR