Brilio.net - Keladi menjadi salah satu jenis tanaman paling banyak diburu orang. Terlebih di tengah pandemi seperti saat ini, dimana orang banyak memilih untuk berkebun atau bercocok tanam untuk menghilangkan rasa bosan dan penat. Alhasil banyak tanaman hias yang menjadi tren di tengah pandemi.

Sekarang ini kamu bisa menjumpai beberapa jenis keladi dengan harga beragam, mulai dari yang daunnya berwarna hijau, merah, hingga hitam. Banyak orang menyukai tanaman keladi karena bentuk daunnya yang unik, bermotif, dan warna-warni. Tak hanya menyejukkan rumah, namun juga dapat memperindah rumah.

Salah satu jenis keladi yang banyak disukai orang adalah, jenis keladi wayang. Jenis keladi satu ini memiliki daun bernuansa putih di bagian tengah, beserta hijau mengelilingi pinggirannya. Bentuknya juga cukup menggoda, karena sangat unik yakni mirip seperti wayang.

Cara merawat keladi wayang agar berwarna cerah Instagram

foto: Instagram/@palembunga

Loading...

Kamu bisa menjumpai keladi wayang dalam berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga medium. Untuk merawat jenis keladi wayang, ternyata tidak begitu sulit. Keladi wayang dapat bertahan di media tanam yang hangat dan lembap.

Nah buat kamu yang ingin merawat keladi wayang agar warnanya tetap cerah, berikut beberapa caranya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (27/1).

1. Letakkan di tempat yang mudah terkena sinar matahari.

Penting bagi kamu untuk menentukan tempat yang pas meletakkan keladi merah. Pada dasarnya, setiap tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis. Dengan adanya nutrisi dari sinar matahari, maka tumbuhan menjadi lebih subur dan sehat.

Jika kamu menginginkan warna keladi tetap cerah, letakkan di bawah sinar matahari pada pagi hari. Jika sudah terlalu terik, kamu bisa memindahkannya ke tempat yang lebih sejuk.

2. Proses penyiraman.

Kamu perlu melakukan penyiraman secara rutin dan tidak berlebihan. Cukup sirami secara merata di sekitar tanaman untuk menjaga kelembabannya. Keladi memiliki fase dorman dimana tanaman ini beristirahat. Ketika beristirahat itulah, keladi menyerap nutrisi dari air.

3. Pilih pupuk yang tepat.

Perlu kamu ketahui, keladi memerlukan media tanam yang lembab. Tanah yang gembur menjadi faktor penting untuk menjaga kesuburan keladi, dimana daun lebih cerah dan batang lebih kokoh. Pilih pupuk yang tepat, seperti pupuk kandang yang sudah disterilkan agar daun keladi bertumbuh subur.

4. Pastikan sirkulasi udara.

Tanaman keladi cocok diletakkan di ruangan yang cenderung panas dan lembab, seperti kamar mandi, atau teras. Hindari paparan suhu yang fluktuatif. Sirkulasi udara menjadi sangat penting, agar keladi tidak mudah terserang hama. Jadi kamu harus memperhatikan jenis pot dan tempat meletakkannya.

5. Rutin memeriksa tanaman.

Memiliki tanaman keladi, kamu harus rutin melakukan pengecekkan, Mulai dari tumbuhannya, media tanamnya, hingga tempat di mana kamu meletakkannya. Hal ini perlu dilakukan agar keladi dapat terkontrol dengan baik dan tidak mudah diserang hama. Dengan begitu, tanaman keladi kamu menjadi lebih sehat dengan warnanya yang cerah.

RECOMMENDED BY EDITOR