Brilio.net - Tanaman aglonema silver king adalah salah satu tanaman hias yang mudah untuk dikenali. Tampilannya yang segar membuat banyak orang memilih untuk mengoleksinya. Dengan kecantikannya, banyak yang memanfaatkannya sebagai pemanis sudut rumah. Meskipun hampir mirip seperti saudaranya, aglonema silver queen, namun jika diperhatikan secara detail terdapat perbedaan yang khas dari tanaman ini.

Dari banyaknya jenis yang ada, aglonema silver king termasuk dalam salah satu jajaran jenis aglonema yang banyak dicari orang nih. Tanaman ini memiliki tampilan bercak hijau pada daun berwarna keperakan.

Keistimewaan lain dari aglonema silver king adalah menumbuhkan bunga yang memiliki serbuk sari yang melimpah. Namun dengan kelebihan ini, disarankan agar kamu rajin untuk memangkas bunga sebelum benar-benar mekar agar tampilannya tetap bersih dari tumpukan serbuk sari.

Aglonema silver king cukup populer karena mudah dalam proses perawatannya. Jenis ini mudah untuk beradaptasi dalam pencahayaan minim. Dengan kelebihan tersebut, membuat aglonema silver king cocok untuk dirawat para pemula. Bahkan kamu bisa merawatnya meski di dalam ruangan lho.

Nah mau tahu bagaimana cara perawatannya? Simak yuk selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari greenhavengarden.ca dan berbagai sumber pada Rabu (3/2) berikut ini.

Loading...

Cara merawat tanaman aglonema silver king.

1. Pencahayaan.

Cara merawat aglonema silver king © Istimewa

foto: freepik.com

Tanaman aglonema silver king termasuk dalam golongan tanaman yang tumbuh dengan baik saat mendapatkan asupan cahaya yang kuat. Sehingga kamu bisa menempatkannya pada area yang mendapatkan yang terang.

Bahkan hal ini bisa kamu lakukan dengan pemberian cahaya buatan. Atau kamu juga bisa meletakkan aglonema silver king pada area yang terang. Sehingga ia dapat tumbuh lebih baik dalam perawatannya.

Pertumbuhan aglonema silver king tergolong cukup lambat. Dalam kondisi idealnya dapat diharapkan hidup selama kurang lebih 10 tahun. Sementara itu, saat ditanam di dalam ruangan, aglonema silver king dapat tumbuh setinggi sekitar 3 kaki.

2. Penyiraman.

Cara merawat aglonema silver king © Istimewa

foto: unsplash.com

Aglonema silver king suka tumbuh pada area tanah yang lembap. Jadi perhatikan kondisi tanah yang ada disekitarnya, dan pastikan agar tidak benar-benar kering. Disarankan, untuk menyirami tanaman ini sekali atau mungkin dua kali dalam satu minggu.

3. Penyiraman khusus.

Cara merawat aglonema silver king © Istimewa

foto: freepik.com

Teknik penyiraman khusus juga bisa dilakukan pada tanaman aglonema silver king. Namun saat hal ini dilakukan, harus disesuaikan dengan lokasi tanaman, ukuran pot, ukuran tanaman, dan faktor lainnya. Namun jika kamu seorang pemula dan ragu untuk melakukannya, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar tanaman.

4. Suhu.

Cara merawat aglonema silver king © Istimewa

foto: freepik.com

Sebagai tanaman rumahan, aglonema silver king lebih menyukai area yang lembap dan hangat. Tanaman subtropis ini tidak menyukai suhu yang dingin di sekitarnya. Maka dari itu, hindarkan aglonema silver king dari area yang terlalu dingin. Karena situasi tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap pertumbuhannya.

5. Pemangkasan.

Cara merawat aglonema silver king © Istimewa

foto: freepik.com

Salah satu yang membedakan aglonema silver king dengan yang lain adalah tumbuhnya bunga yang memiliki serbuk sari dalam jumlah banyak. Nah maka dari itu, agar tampilan silver king tetap bersih dan menarik, kamu bisa memangkas bunganya sebelum mekar. Lakukan pengamatan terhadap tanamanmu agar dapat lebih cepat mengatasi sebelum penumpukan serbuk sari melimpah.

Cara membudidayakan aglonema silver king.

Cara merawat aglonema silver king © Istimewa

foto: Instagram/@spfb94

Nah untuk membudidayakan aglonema silver king, ada beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan. Bagian rimpang atau rizoma dapat dibelah untuk diambil tumbuhan baru. Kamu bisa menggali sebagian atau seluruh bagian rumpun. Selain itu kamu pun juga bisa singkirkan seluruh tanaman dari pot, dan selanjutnya kibaskan tanah.

Jika bola akar kusut, potong secara vertikal ke bawah, menembus bola akar dengan pisau tajam. Lalu bagi rumpun tanaman menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Tetapi, jika akarnya tidak terlalu kusut, kamu bisa pisahkan perlahan dengan jari. Jika perlu, gunakan pisau untuk memisahkan tanaman dan dapatkan sebanyak mungkin. Terakhir, tanam kembali setiap bagian baru segera sesuai dengan kebutuhan.

Ciri-ciri tanaman aglonema silver king.

Cara merawat aglonema silver king © Istimewa

foto: Instagram/@plantweird_dk

Nah buat kamu yang tertarik merawat tanaman aglonema silver king, coba kenali yuk beberapa ciri mudah yang bisa kamu amati. Simak penjelasannya berikut ini.

- Memiliki daun runcing.

- Daun memiliki perpaduan warna abu-abu perak dengan hijau.

- Pertumbuhannya tegak dan lambat.

- Daun berbentuk oval sempit.

- Memiliki batang pendek.

- Panjang daun sekitar 30 cm.

Jenis-jenis aglonema yang bisa digunakan untuk hiasan rumah.

Cara merawat aglonema silver king © Istimewa

foto: freepik.com

Tanaman aglonema terkenal sebagai penghias rumah yang tepat. Dengan banyak jenisnya, aglonema mampu memberikan banyak manfaat untuk rumahmu. Nggak hanya mempercantik ruangan, namun aglonema juga mampu membuat suasana menjadi lebih sejuk.

Perlu dicatat nggak hanya jenis silver king saja lho yang bisa mempercantik ruangan. Ada beberapa jenis aglonema yang bisa kamu jadikan sebagai hiasan rumah. Ada apa saja? Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari Epic Gardening pada Rabu (3/2).

1. Aglonema emerald bay.

2. Aglonema silver queen.

3. Aglonema brilliant.

4. Aglonema harlequin.

5. Aglonema red gold.

6. Aglonema widuri.

7. Aglonema modestum.

8. Aglonema cutlass.

9. Aglonema nitidum.

10. Aglonema silver king.

RECOMMENDED BY EDITOR