Brilio.net - Tanaman aglonema menyimpan banyak daya tarik di dalamnya. Mulai dari tampilan daun, batang, hingga cara perawatannya. Apalagi ada banyak jenis aglonema yang bisa kamu jadikan hiasan di rumah.

Yaps, aglonema adalah tanaman yang cukup mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sehingga kamu bisa merawatnya di area outdoor ataupun indoor. Para pemula pun nggak perlu khawatir akan kerepotan dalam merawatnya.

Nah, kalau kamu sebagai pemula bingung mau merawat jenis apa, coba lirik aglonema moonlight bay. Tanaman ini adalah salah satu yang direkomendasikan sebagai hiasan di dalam ruangan.

Selain tampilannya yang segar dan cantik, aglonema moonlight bay juga mudah dalam perawatannya di dalam rumah. Apalagi, aglonema moonlight bay juga bisa bertahan meski dengan pencahayaan rendah.

Jadi nggak perlu bingung dalam merawat aglonema moonlight bay. Kamu bisa siap cara perawatannya dalam ulasan brilio.net dari farmlifenursery.com dan berbagai sumber pada Jumat (5/2) berikut ini.

Loading...

Cara merawat aglonema moonlight bay.

1. Pencahayaan.

Cara merawat aglonema moonlight bay © Istimewa

foto: Instagram/@lushplantasy

Kalau kamu memiliki lahan yang minim pencahayaan, merawat aglonema moonlight bay justru jadi salah satu jawaban yang tepat. Tanaman ini nggak akan bikin kamu repot dalam pemenuhan cahaya mataharinya.

Aglonema moonlight bay bisa hidup dalam area yang memiliki pencahayaan rendah. Bahkan daunnya akan terbakar jika mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung. Maka letakkan aglonema moonlight bay pada area yang teduh. Hindari lokasi yang dapat terpapar cahaya matahari secara langsung pada siang hari.

2. Penyiraman.

Cara merawat aglonema moonlight bay © Istimewa

foto: freepik.com

Dalam teknik penyiraman, kamu juga nggak perlu repot harus menyiramnya setiap saat. Sama halnya dengan pemberian asupan cahaya, aglonema moonlight bay juga bisa bertahan dengan asupan air yang tidak terlalu banyak.

Tapi ingat, jangan biarkan tanaman ini dalam kondisi kering dalam waktu terlalu lama. Kamu juga perlu memperhatikan kondisi tanaman agar tidak sampai layu. Biasanya tanaman yang sudah terlihat terkulai dan mengalami perubahan warna menjadi salah satu tanda aglonema moonlight bay sudah membutuhkan asupan air.

3. Hama.

Cara merawat aglonema moonlight bay © Istimewa

foto: freepik.com

Nggak bisa dipungkiri kehadiran hama kerap mengganggu pertumbuhan tanaman. Selain itu, hama juga bisa mengurangi keindahan tampilan tanaman.

Meski bisa dirawat di dalam ruangan, aglonema moonlight bay tetap bisa dihinggapi hama seperti kutu putih. Permasalahan ini jadi salah satu yang kerap terjadi pada perawatan aglonema.

Kutu putih dapat dihilangkan dengan insektisida drench sistemik (safari), dan pembersihan tangan. Jika pestisida tidak bekerja dengan baik, cobalah minyak hortikultura yang dapat langsung disemprotkan ke serangga. Sebaiknya, beri jarak pada semprotan dengan interval 3 minggu untuk menghentikan siklus hidup kutu putih.

4. Penyakit tanaman.

Cara merawat aglonema moonlight bay © Istimewa

foto: freepik.com

Beberapa penyakit tanaman dan juga ulat bulu termasuk dalam gangguan yang kerap muncul. Maka dari itu, perhatikan perkembangan tanaman aglonema moonlight bay.

Selain itu, jagalah juga kebersihan di sekitar tanaman. Namun biasanya gangguan tersebut jarang menjadi kendala untuk perawatan di dalam ruangan.

5. Suhu.

Cara merawat aglonema moonlight bay © Istimewa

foto: Instagram/@the.plant.lass

Nah untuk urusan perawatan, tanaman aglonema moonlight bay perlu diperhatikan untuk suhu di sekitarnya. Pasalnya hal ini berkaitan dengan kelembapan tanaman.

Aglonema moonlight bay tidak menyukai area yang memiliki suhu dingin. Maka dari itu, suhu untuk aglonema moonlight bay tidak boleh di bawah 60°F. Sehingga kamu perlu menyesuaikan lokasi penempatan tanamanmu agar tumbuh subur dan sehat.

6. Pemangkasan.

Cara merawat aglonema moonlight bay © Istimewa

foto: Instagram/@junggardencenter

Salah satu cara agar tanaman aglonema moonlight bay tumbuh subur dan lebat adalah dengan melakukan pemangkasan. Buang beberapa daun baru saat muncul dan lakukan ini dengan memegang kuat batang tempat daun baru tumbuh. Kemudian pegang daun baru di dekat pangkalnya dan tarik perlahan.

Namun ingat, jangan gunakan gunting. Pastikan daun dan batang dibuang seluruhnya tanpa ada "tunggul" yang tertinggal. Perhatikan dalam melakukannya, karena jika terjadi luka pada tanaman, dapat memungkinkan masuknya penyakit dan dapat menarik perhatian serangga.

Keuntungan merawat aglonema di rumah.

Banyak orang yang memutuskan untuk merawat tanaman aglonema di dalam rumah. Dengan berbagai jenis yang ada, kamu bisa menentukan tanaman yang sesuai dengan kebutuhanmu. Nggak hanya mendapatkan pemandangan yang indah, saat merawat tanaman aglonema di rumah, kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan tersendiri.

Keuntungan ini juga cocok untuk kamu yang ingin merawat aglonema di dalam kantor. Apa saja yang bisa didapatkan? Simak penjelasannya berikut ini, dilansir brilio.net dari Rolling Plants pada Jumat (5/2).

1. Membersihkan polusi.

Cara merawat aglonema moonlight bay © Istimewa

foto: freepik.com

Yaps, salah satu kelebihan dari tanaman aglonema dikenal sebagai pembersih udara. Menariknya, NASA menetapkan tanaman aglonema menjadi flora yang efektif membasmi polutan rumah tangga, termasuk formaldehida dan benzena yang ada di udara. Maka dari itu, ketika kamu menempatkan di dalam ruangan, aglonema akan membersihkan polusi yang ada di ruangan tersebut.

2. Memberikan keberuntungan.

Cara merawat aglonema moonlight bay © Istimewa

foto: Instagram/@leafthyn_plants

Aglonema juga disebut sebagai tanaman sri rejeki. Keberuntungan dalam merawat aglonema ini pun dipercaya oleh banyak orang.

Menurut fengshui, aglonema termasuk salah satu tanaman yang diyakini bisa membawa keberuntungan ke dalam rumah. Tanaman ini terkenal panjang umur dan memiliki penampilan yang mencolok. Jadi, si penanam aglonema diharapkan bakal memiliki kualitas yang sama.

3. Melembapkan udara.

Cara merawat aglonema moonlight bay © Istimewa

foto: Instagram/@these_palms_are_sweaty

Dengan merawat tanaman hias ini di dalam ruangan, kamu bisa sekaligus meningkatkan kelembapan udara ruangan. Sehingga hal ini dapat menghindari permasalahan pernapasan yang bisa menyerang siapa saja. Efek baiknya, kamu akan lebih rileks dan lancar dalam beraktivitas.

4. Menambah konsentrasi.

Cara merawat aglonema moonlight bay © Istimewa

foto: freepik.com

Tanaman aglonema memiliki kemampuan menyerap CO2 dan mengeluarkan oksigen atau O2 yang dibutuhkan tubuh. Jadi kamu bisa kembali segar dan jauh dari rasa kantuk jika mempunyai tanaman ini di rumahmu.

5. Jadi peluang bisnis.

Cara merawat aglonema moonlight bay © Istimewa

foto: Instagram/@parthasingh41

Bisnis budidaya aglonema kini banyak dilakukan para kolektor. Dengan peminatnya yang banyak, cara ini jadi salah satu jalan yang menjanjikan untuk banyak orang.

Nah kamu bisa membudidayakan aglonema dengan beberapa cara. Mulai dari budidaya dari biji, budidaya dengan stek, budidaya dengan cangkok, sampai budidaya dengan pemisahan anakan.

RECOMMENDED BY EDITOR