Brilio.net - Semua manusia pasti menginginkan jodoh terbaik untuknya. Jodoh memang merupakan salah satu rahasia Tuhan yang sering dipertanyakan oleh manusia. Jodoh bisa saja jauh, bisa saja dekat. Semua akan menjadi teka-teki yang hingga saat ini masih membuat manusia penasaran akan jodohnya.

Dalam budaya Jawa, seseorang dapat mengetahui tingkat kecocokan diri dengan pasangan. Hal ini dilakukan dengan penghitungan weton dari kedua pasangan. Weton adalah penanggalan dari kalender Jawa yang dianggap bisa menjadi ramalan. Weton terdiri dari hari atau dino dan pasaran.

Dalam kalender Jawa, satu pekan terdiri dari tujuh hari yang ditambahkan dengan hari pasaran Jawa. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (9/7), dalam kalender Jawa terdapat hari pasaran Jawa yang terdiri dari lima hari yakni Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon.

Biasanya orang tua akan menghitung dan mengukur tingkat kecocokan sang anak dengan pasangannya ketika akan melangsungkan acara pernikahan. Tak jarang, orang tua yang memegang teguh tradisi ini akan memaksa anaknya putus dengan pasangannya apabila hasil penghitungan tidak menunjukkan hasil dan kecocokan yang diharapkan.

Cara penjumlahan hari lahir

Dalam adat Jawa, terdapat cara mengetahui seberapa tinggi tingkat kecocokan dengan pasangan yaitu dari hasil penjumlahan hitungan hari lahir dua pasangan. Dan berikut rumus penjumlahan hari lahir berdasarkan weton Jawa.

Loading...

- Hari atau Dino

Sama seperti kalender masehi, dalam kalender Jawa juga memiliki 7 hari dalam seminggu, dari mulai Senin hingga Minggu. Penamaannya pun sama dengan kalender Masehi. Dalam kalender Jawa, terdapat nilai atau jumlah dari masing-masing hari. Nilai-nilai tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Minggu bernilai 5

2. Senin bernilai 4

3. Selasa bernilai 3

4. Rabu bernilai 7

5. Kamis bernilai 8

6. Jumat bernilai 6

7. Sabtu bernilai 9

- Pasaran

Dalam tanggalan Jawa, terdapat pula pasaran. Biasanya pasaran tertulis di bawah nama hari. Namun, pasaran hanya terdapat 5 jenis saja seperti Kliwon, Legi, Pahing, Pon, Wage. Sama seperti hari atau dino, pasaran juga memiliki nilai masing-masing. Nilai-nilai tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Kliwon bernilai 8

2. Legi bernilai 5

3. Pahing bernilai 9

4. Pon bernilai 7

5. Wage bernilai 4

2 dari 2 halaman

Menentukan tingkat kecocokan dari jumlah neptu

foto: freepik

Neptu adalah hasil penjumlahan dari hari atau dino dengan pasangan. Untuk mengetahui kecocokan, maka masing-masing hari dijumlahkan dengan wetonnya. Misalkan pria lahir pada Jumat Kliwon, berarti 6+8=14. Dan wanita lahir pada Rabu Pon, maka jumlah yang didapat adalah 14 (hasil dari 7+7). Nantinya, jumlah weton lelaki dan wanita akan ditambahkan 14+14=28. Dari hasil penjumlahan tersebut maka akan terlihat tingkat kecocokannya. Dan berikut tingkat kecocokan dari hasil penjumlahan neptu dari kedua pasangan.

1. PEGAT (hasil penjumlahan 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36).

Jika hasil penjumlahan neptu adalah angka-angka tersebut maka kemungkinan akan sering menemukan masalah di kemudian hari. Bisa itu dari masalah ekonomi, kekuasaan, atau perselingkuhan yang bisa menyebabkan pasangan tersebut bercerai atau pegatan.

2. RATU (jika hasil penjumlahannya = 2, 11, 20, 29).

Jika hasil penjumlahan neptu adalah angka-angka tersebut maka hubungannya akan dihargai dan disegani oleh tetangga maupun lingkungan sekitar. Bahkan banyak orang yang iri akan keharmonisannya dalam membina rumah tangga.

3. JODOH (jika hasil penjumlahannya = 3, 12, 21, 30).

Jika hasil penjumlahan neptu adalah angka-angka tersebut maka pasangan akan bisa saling menerima segala kelebihan dan kekurangannya. Rumah tangga bisa rukun sampai tua.

4. TOPO (jika hasil penjumlahannya = 4, 13, 22, 31).

Jika hasil penjumlahan neptu adalah angka-angka tersebut maka ketika pasangan membina rumah tangga akan sering mengalami kesusahan di awal-awal namun akan bahagia pada akhirnya. Masalah tersebut bisa saja soal ekonomi dan lain sebagainya. Namun pada saat sudah memiliki anak dan cukup lama berumah tangga, akhirnya akan hidup sukses dan bahagia.

5. TINARI (jika hasil penjumlahannya = 5, 14, 23, 32).

Jika hasil penjumlahan neptu adalah angka-angka tersebut maka akan menemukan kebahagiaan. Gampang dalam mencari rezeki dan tidak sampai hidup kekurangan. Hidupnya juga sering mendapat keberuntungan.

6. PADU (jika hasil penjumlahannya = 6, 15, 24, 33).

Jika hasil penjumlahan neptu adalah angka-angka tersebut maka dalam berumah tangga pasangan tersebut akan sering mengalami pertengkaran. Namun meskipun sering bertengkar, tidak sampai membawa ke dalam perceraian. Masalah pertengkaran tersebut bahkan bisa dipicu dari hal-hal yang sifatnya cukup sepele.

7. SUJANAN (jika hasil penjumlahannya = 7, 16, 25, 34).

Jika hasil penjumlahan neptu adalah angka-angka tersebut maka ketika berumah tangga akan sering mengalami pertengkaran dan masalah perselingkuhan. Bisa itu dari pihak laki-laki maupun perempuan yang memulai perselingkuhan.

8. PESTHI (jika hasil penjumlahannya = 8, 17, 26, 35).

Jika hasil penjumlahan neptu adalah angka-angka tersebut maka ketika berumah tangga akan rukun, tentram, adem ayem sampai tua. Meskipun ada masalah apa pun, tidak akan sampai merusak keharmonisan keluarga.

RECOMMENDED BY EDITOR