Brilio.net - Aglonema adalah tanaman yang sangat dekoratif, cantik, indah, dan jadi salah satu tanaman lanskap interior yang paling banyak digunakan. Tanaman hias ini terdiri dari beberapa varietas dan semuanya mudah ditanam. Pada umumnya daun pada spesies aglonema bisa tumbuh beraneka ragam warna, dari perak, hijau, hingga merah muda.


Salah satu tanaman hias aglonema yang cukup menarik perhatian tak lain adalah jenis lipstik. Diberi nama aglonema lipstik karena pinggiran daunnya punya warna cerah seperti lipstik. Tak hanya indah, aglonema lipstik atau chinese evergreens dikenal jadi tanaman hias pembersih udara terbaik.


Aglonema lipstik adalah tanaman hias yang kuat, tahan kekeringan, perawatan mudah, disebut tanaman hias pembawa keberuntungan, dan tidak perlu sering diberi makan atau disiram dan sangat baik di lingkungan dalam ruangan. Harga bibit aglonema lipstik dijual rentang Rp 25 ribu. Dimulai dari bibit, kamu bisa menanam aglonema lipstik sendiri di rumah.


Cara menanam aglonema lipstik pun mudah dan bisa dilakukan bahkan bagi pemula sekalipun. Lantas bagaimana cara menanam aglonema lipstik yang baik dan benar? Yuk simak penjelasannya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (18/3) berikut ini.

menanam bunga aglonema lipstik © Instagram

foto: Instagram/@thuliink_


1. Stek batang.

Tanaman aglonema lipstik dapat ditanam menggunakan berbagai metode. Akan tetapi yang paling populer bagi pengguna individu adalah stek batang. Metode ini juga merupakan cara termudah untuk memperbanyak tanaman hias aglonema lipstik.


Carilah tunas baru dengan minimal lima helai daun. Kamu bisa memilih batang tanaman tua, kemudian potong dengan ukuran secukupnya. Sebelum dipotong, sterilkan atau bersihkan dulu alat serta tanaman untuk memastikan kesehatan aglonema.


Setelah itu, tanam di tanah atau campuran coco-peat. Pastikan untuk menempatkan wadah di bawah sinar matahari tidak langsung. Di area suhu ruangan rata-rata. Karena stek susah tumbuh dengan baik jika berada pada ruangan dingin. Dalam rentang waktu 25 hingga 45 hari, tunas tunas baru aglonema lipstik akan muncul.


2. Biji.

Untuk memperbanyak aglonema lipstik menggunakan biji, kamu perlu memilih biji yang segar. Cuci benih dalam air campuran H2O atau air asam. Siapkan campuran tanah perkecambahan benih. Setelah siap, sebarkan benih segar di bagian atas. Tutupi bijinya dengan kapuk tipis.


Pastikan untuk menempatkan wadah dalam cahaya tidak langsung, dan dalam suhu ruangan rata-rata. Dibutuhkan waktu rentang 45 atau bahkan 60 hari supaya benih mulai berkecambah.


3. Menggunakan stek akar.

Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan stek akar untuk menanam serta memperbanyak tanaman aglonema lipstik. Pertama-tama, pisahkan tanaman dari tanaman induk yang berakar. Kemudian tanam dalam wadah baru. Tanaman baru harus berdiri tegak.

Jaga tanaman baru di bawah sinar matahari tidak langsung. Pastikan juga untuk menjaga tanaman baru dalam suhu rata-rata hingga sedikit hangat. Dalam waktu sekitar 5 hingga 10 hari akar tanaman aglonema lipstik sudah bisa tumbuh.


4. Menggunakan kultur jaringan.

Kultur jaringan pada tumbuhan adalah metode pemisahan bagian dari tanaman (bisa berupa daun, tunas akar, serta organ lainnya). Aglonema lipstik bisa ditanam dan dibudidayakan menggunakan metode yang satu ini. Bahkan hasilnya cenderung lebih banyak dan ideal.


Dikutip dari Dinas Pertanian dan Pangan melalui pertanian.jogjakota.go.id, agar metode ini berhasil, bibit baru dan kultur jaringan perlu berada di lingkungan tipe terkendali. Bibit kemudian secara perlahan diperkenalkan dengan kondisi cuaca alami.


Sayangnya metode ini punya beberapa kelemahan dibadingkan dengan cara lain, antara lain membutuhkan biaya operasional dan fasilitas produksi yang mahal, membutuhkan tenaga kerja yang khusus dan terampil, sulit diterapkan di rumah, dan harga bibit kultur jaringan lebih mahal.


Kendati begitu, metode tanam aglonema lipstik memakai kultur jaringan masih merupakan cara paling efektif untuk menghasilkan tanaman kuat dalam jumlah besar.


Cara merawat aglonema lipstik.

menanam bunga aglonema lipstik © Instagram

foto: Instagram/@arirhams


1. Perhatikan pencahayaan.

Aglonema lipstik butuh asupan matahari sedang. Jauhkan dari lokasi yang terpapar sinar matahari secara langsung. Letakkan di tempat teduh seperti teras rumah. Disarankan, untuk memutar posisi tanaman sekitar 1-2 bulan sekali agar mendapatkan pencahayaan yang rata.


2. Perhatikan pemberian air.

Untuk jenis aglonema lipstik, pastikan sirami tanaman memakai air bersih, dan sebisa mungkin tanpa kaporit. Kamu juga bisa menyiramnya ketika kondisinya hampir kering. Tidak perlu terlalu sering, cukup sekitar 7-9 hari sekali aglonema lipstik sudah tumbuh dengan baik.


3. Perhatikan tingkat suhu.

Suhu yang dibutuhkan aglonema lipstik adalah berada di lokasi yang jauh dari angin dingin ataupun ventilasi yang memberikan suhu terlalu panas.


4. Atur kelembapan.

Aglonema termasuk tumbuhan yang cukup cepat beradaptasi dengan lingkungannya. Jadi meskipun mereka menyukai kelembapan, namun tanaman-tanaman ini akan tetap bisa bertahan di area yang memiliki udara cenderung kering.