Brilio.net - Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup menjadi salah satu dokumen penting untuk berbagai keperluan, misalnya melamar pekerjaan.

Data dalam CV berupa informasi mengenai pengalaman akademik dan non akademik, biodata pribadi seperti, nama, alamat, keterampilan yang dimiliki dan banyak lainnya.

CV dapat menggambarkan tentang siapa diri kamu. CV yang kamu kirimkan bisa jadi sangat menentukan apakah perusahaan tertarik untuk memanggilmu ke tahap berikutnya atau tidak. Karena itu, CV harus dibuat dengan baik, bukan asal-asalan.

Sekarang ini banyak situs web pembuat CV online yang dapat digunakan secara gratis. Tapi, kamu juga bisa nih dengan mudah menggunakan layanan Microsoft Word untuk membuat CV. Cara membuat CV dengan Microsoft tidak begitu sulit.

Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (24/8), cara membuat CV menggunakan Microsoft Word, mudah dan menarik.

1. Cara membuat CV di Microsoft Word dengan template.

Cara membuat CV freepik.com

foto: freepik.com

Cara membuat CV yang menarik di Microsoft word yang pertama adalah dengan menggunakan template.

- Pilih template yang telah tersedia.
Caranya simpel dan nggak ribet, kamu tinggal mengklik menu File, kemudian pilih New. Saat itu, berbagai template yang telah tersedia akan ditampilkan. Pilih template yang kamu inginkan.

- Unduh template secara online.
Selain itu, kamu juga bisa memilih template dengan mengunduhnya secara online sebagai salah satu cara membuat CV yang menarik di Word.

Caranya, buka dokumen baru dan carilah "resumes" pada segmen "Microsoft Office Online". Kamu juga bisa mengunduh template secara online tanpa membuka Microsoft Word terlebih dahulu dengan menggunakan Office Online.

Kamu bisa membuka situs web resminya di https://templates.office.com/ dan klik segmen resume dan surat pengantar. Segmen ini ditampilkan dalam modul yang berada di sisi kiri layar dengan label "Browse by Category".

- Selesaikan CV.
Kemudian selesaikan template yang telah kamu unduh. Setelah memilih template yang tampak profesional dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu inginkan, kamu bisa menghapus teks bawaan dan menambahkan informasi pribadi.

Format, tata letak, dan presentasi memang merupakan aspek penting dalam membuat CV yang baik. Tetapi, aspek-aspek tersebut tetap tidak dapat menutupi tulisan yang buruk dan kesalahan ejaan dan tata bahasa. Jadi kamu tetap harus teliti dalam membuat CV yang menarik di Microsoft Word ini.

2. Cara membuat CV di Microsoft Word tanpa template.

Cara membuat CV freepik.com

foto: freepik.com

Kamu juga bisa membuat CV tetap menarik, meski tanpa template. Untuk itu, kamu perlu mengetahui, apa saja yang harus dimasukkan dalam membuat CV yang menarik di Word tanpa menggunakan template ini.

Satu hal yang paling harus kamu ketahui dalam membuat CV yang menarik di Word tanpa menggunakan template adalah mengetahui apa saja yang perlu dicantumkan.

Beberapa segmen yang umumnya selalu ada adalah sebagai berikut:

- Profil lengkap hingga kontak
- Riwayat pendidikan dan kualifikasi
- Pengalaman kerja atau kegiatan sukarela
- Keahlian dan karakter (atau kelebihan dan kekurangan).

Dalam cara membuat CV yang menarik di Microsoft Word tanpa template ini, kamu juga harus mengetahui orang dengan kualifikasi seperti apa yang diperlukan perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan CV dengan yang diinginkan perusahaan.