Brilio.net - Merokok diketahui memiliki beragam dampak negatif terhadap kesehatan. Karenanya, banyak perokok yang juga ingin berhenti.

Sayangnya, candu dari rokok membuat mereka sulit mewujudkan rencananya. Banyak perokok yang berusah berhenti merokok, tapi akhirnya gagal.

Dilansir brilio.net dari merdeka.com, Rabu (18/3), ada dua metode ampuh untuk berhenti merokok. Apa saja? Berikut ulasannya:

Ganti kebiasaan merokok dengan kebiasaan lain.

2 Metode berhenti merokok ini unsplash.com

foto: unsplash.com

Loading...

1. Cari hobi baru yang sesuai dengan kemauan kamu, dan cari yang harus membuatmu melupakan rokok.

2. Cari kata-kata yang bisa meng-sugesti kamu untuk tidak mencoba rokok lagi.

3. Kurangi asupan kafein. Kafein yang biasanya terkandung dalam kopi, sangat mungkin untuk membuat kamu terjaga pada malam hari. Sehingga, akan sangat menggoda kamu untuk merokok.

4. Hindari orang-orang yang sedang merokok untuk memperkecil godaan merokok. Cara ini juga menjauhkan kamu dari kemungkinan menjadi perokok pasif.

5. Mencari bantuan profesional semacam psikiater. Kebiasaan merokok adalah salah satu kecanduan secara psikologis, hal ini bisa disembuhkan dengan berobat ke psikiater.

Berhenti merokok secara bertahap.

2 Metode berhenti merokok ini unsplash.com

1. Tentukan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk berhenti merokok, dan komitmen dengan waktu yang sudah ditentukan. Misalnya, dalam 3 minggu. Maka beri tanda pada kalender, jadikan penanda tersebut sebagai tenggat waktu untuk kamu tidak merokok.

2. Mulailah tahap ini di waktu senggang yang tidak menimbulkan rasa stres yang berat, sehingga tidak besar godaan untuk merokok. Semakin stres kamu, semakin besar rasa ingin merokok.

3. Tentukan berapa jumlah rokok yang ingin kamu kurangi. Jika sebelumnya kamu merokok 12 batang dalam sehari, kurangi jadi 8 batang, dan semakin hari usahakan jumlah itu terus berkurang, hingga akhirnya berhasil berhenti.

4. Kamu bisa kombinasikan proses mengurangi rokok ini dengan konsultasi dengan psikiater, agar semakin besar kemungkinan kamu berhenti merokok.

RECOMMENDED BY EDITOR