Brilio.net - Kantung mata yang menebal dengan penampilan yang gelap jadi musuh bagi sebagian orang. Pasalnya bagi orang yang mudah mengalami kondisi mata panda itu, bisa merasa kurang percaya diri dalam penampilannya. Kondisi ini pun juga bisa terjadi ketika bulan Ramadhan tiba.

Saat menjalankan ibadah puasa, kamu akan beradaptasi dengan perubahan jam tidur. Santap sahur yang dilaksanakan pada dini hari menuntutmu untuk bangun lebih cepat dari biasanya. Jika tidak diimbangi dengan tidur yang cukup, lingkaran hitam pun akan menghiasi area mata.

Untuk kamu yang terganggu dengan kondisi ini, atasi segera agar kondisinya tidak berkembang menjadi lebih parah. Pasalnya, kondisi tubuh yang mengantuk justru bisa mengganggu aktivitasmu. Selain itu rasa letih juga bisa lebih terasa saat menjalankan puasa.

Nah mau tahu seperti apa cara mengatasi pola tidur yang berantakan di bulan Ramadhan? Simak ulasan lebih lengkapnya dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (27/4) berikut ini.

Cara mengatasi pola tidur yang berantakan.

1. Mengatur pola tidur.

Cara atasi pola tidur berantakan saat Ramadhan © freepik.com

foto: freepik.com

Cara pertama untuk mengatasi mata panda saat puasa adalah dengan mengatur pola tidur. Yap, hal ini harus kamu lakukan secara disiplin agar pola tidur yang nyaman terbentuk kembali. Cobalah untuk membuat jadwal berkegiatan dan beristirahat dalam satu hari. Kamu perlu menentukan jam berapa kamu harus tidur dan bangun untuk menyantap sahur. Dengan begitu, ritme waktu istirahat di bulan Ramadhan bisa lebih teratur.

2. Tidur dalam sekali waktu.

Cara atasi pola tidur berantakan saat Ramadhan © freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya, atur juga frekuensi waktumu saat tidur. Mengatur tidur yang lebih lama lebih bermanfaat daripada beberapa berkali-kali tidur. Biasanya beberapa orang memutuskan untuk tidur dengan durasi singkat untuk beberapa kali. Dampaknya kamu akan merasa lebih mengantuk dan juga lemas. Untuk mengatasinya usahakan untuk tidur setidaknya 4 jam di malam hari setelah berbuka puasa, sebelum bangun untuk sahur dan subuh dan kembali tidur selama beberapa jam sebelum bangun di pagi hari. Cara ini akan membantumu agar lebih segar ketika menjalankan puasa Ramadhan.

3. Menikmati waktu tidur siang.

Cara atasi pola tidur berantakan saat Ramadhan © freepik.com

foto: freepik.com

Solusi selanjutnya adalah dengan melakukan tidur siang. Jika sempat, ambil waktu tidur siang selama 20 menit. Kamu juga bisa melakukannya menjelang sore hari untuk memulihkan energi setelah beraktivitas. Atur alarm agar memiliki batas waktu tidur. Pasalnya, terlalu banyak tidur dapat membuat pusing dan bahkan lebih mengantuk daripada sebelum tidur siang. Dengan menyempatkan untuk tidur siang, kamu bisa merasakan manfaat tubuh yang lebih segar dan fokus akan semakin bertambah.

4. Memperhatikan asupan makanan.

Cara atasi pola tidur berantakan saat Ramadhan © freepik.com

foto: freepik.com

Kemudian ada juga penyebab dari faktor makanan yang membuat kamu lebih mengantuk ketika berpuasa. Dampaknya bisa mengakibatkan pola tidur berantakan dan menimbulkan mata panda. Perlu kamu ingat, hindari makanan berat yang mengandung lemak dan terlalu banyak kandungan gula. Komposisi tersebut mengakibatkan pola tidur bisa terganggu karena tubuh akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Selain itu, hindari juga makanan yang sangat pedas dan berkafein. Makanan favorit banyak orang itu bisa memperburuk tidur yang nyenyak dan bisa menyebabkan gas serta mulas. Tentu hal ini akan mengakibatkan rasa tidak nyaman pada tubuh.

5. Pilih lingkungan yang tepat.

Cara atasi pola tidur berantakan saat Ramadhan © freepik.com

foto: freepik.com

Lingkungan yang tenang bisa membuatmu lebih nyaman untuk beristirahat. Selain itu, ketika tidur kamu bisa mencoba untuk menghindari menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, dan TV menjelang waktu tidur. Sebab, paparan cahaya biru dari gadget akan membuatmu semaki sulit untuk tidur. Maksimalkan cara ini dengan melakukan tidur tepat waktu sesuai dengan jadwal yang sudah kamu buat.

-Bahan alami pembasmi mata panda.

Cara atasi pola tidur berantakan saat Ramadhan © freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir brilio.net dari timesofindia, berikut beberapa bahan alami yang dapat membantu mengurangi lingkaran gelap di sekitar mata atau yang juga disebut sebagai mata panda.

1. Tomat.

Cobalah mencampur satu sendok teh jus tomat dengan satu sendok teh jus lemon dan menerapkannya di bawah matamu. Biarkan selama sekitar 10 menit dan kemudian cuci dengan air. Ulangi hal ini setidaknya dua kali sehari. Setiap hari kamu juga bisa minum jus tomat yang dicampur dengan jus lemon dan daun mint untuk menyingkirkan mata panda.

2. Kentang.

Parut beberapa kentang mentah dan ekstrak jus yang sama. Kemudian ambil kapas dan rendam dalam jus kentang. Tutup matamu dan menempatkan bola kapas tersebut pada matamu. Pastikan mereka menutupi seluruh area lingkaran hitam di bawah matamu serta kelopak mata. Biarkan selama 10 menit dan cuci dengan air dingin.

3. Kantung teh bekas.

Cara selanjutnya kamu bisa memanfaatkan kantung teh. Rendam teh celup, sebaiknya teh hijau dalam air. Dinginkan di dalam lemari es untuk sementara waktu. Sekarang, letakkan mereka di atas matamu. Gunakan obat ini secara teratur untuk melihat perbedaan yang cukup besar.

4. Susu dingin.

Untuk memanfaatkan susu dingin, ambil bola kapas dan tempatkan dalam mangkuk susu dingin atau air es untuk sementara waktu. Kemudian letakkan bola kapas dan pastikan mencakup seluruh area mata. Biarkan untuk sementara waktu. Baru cuci dengan air biasa.

5. Jus jeruk.

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah jus jeruk. Campur jus jeruk dengan beberapa tetes gliserin dan oleskan campuran ini di area lingkaran hitam. Tidak hanya akan mengurangi lingkaran hitam, campuran tersebut juga akan memberikan cahaya alami untuk matamu.

6. Mentimun.

Cara alami yang mudah lain yaitu dengan mentimun. Iris timun dengan potongan yang kira-kira mencakup lingkaran hitam di sekitar matamu kemudian tempelkan dan biarkan beberapa menit.

(brl/lin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lin)