Brilio.net - Peningkatan kasus virus corona Covid-19 masih berlangsung di berbagai penjuru dunia. Hingga awal April ini belum ditemukan vaksin yang tepat untuk menanganinya. Meski demikian para peneliti di seluruh dunia terus mengupayakan serangkaian uji tes vaksin untuk menekan laju penyebaran virus corona Covid-19.

Di Indonesia sendiri data terbaru per Selasa (7/4) menunjukkan peningkatan jumlah pasien positif corona sebanyak 2.738 kasus. Dengan jumlah pasien kasus yang meninggal 221 orang dan 204 lainnya sembuh atau negatif corona. Penyebaran virus corona baru ini tergolong cepat dan telah menjangkit ratusan negara.

Maka dari itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengimbau masyarakat dunia untuk melakukan physical distancing atau jarak fisik. Langkah ini sebagai cara untuk menghindari penyebaran virus corona lebih luas. Langkah ini bukan berarti secara sosial, seseorang harus memutus hubungan dan komunikasi dengan orang sekitar atau keluarganya.

Nah komunikasi yang baik menjadi sangat penting di masa-masa karantina. Pada dasarnya, kamu harus mencapai keseimbangan komunikasi yang baik dengan keluarga, bahkan juga rekan kerja demi segala kegiatan menjadi lancar. Saat physical distancing, platform media sosial menjadi sangat penting. Seperti menggunakan video call atau chatting menggunakan gadget.

Namun perlu kamu waspadai saat menggunakan gadget sebagai media untuk berkomunikasi. Sebab virus corona dapat menyebar melalui benda-benda yang tidak diduga. Seperti smartphone ataupun gadget yang merupakan benda yang kerap disentuh. Bisa saja virus corona dapat menempel di permukaannya.

Loading...

Tak perlu panik kamu dapat mengikuti cara aman mencegah penyebaran virus corona lewat sentuhan gadget, seperti yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, pada Rabu (8/4).

1. Biasakan membersihkan gadget.

mencegah penyebaran virus corona © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Gadget adalah salah satu benda yang wajib kamu bersihkan secara rutin. Apalagi di tengah pandemi virus corona Covid-19. Dalam banyak penelitian telah menemukan bahwa bakteri e.coli dan staphylococcus aureus yang juga dikenal sebagai MRSA pernah ditemukan di atas permukaan ponsel. Dengan kata lain ponsel merupakan sarang kuman, salah satunya juga juga virus corona.

Seperti brilio.net lansir dari huffpost.com, pada Rabu (8/4,) gadget juga bisa menjadi transmisi bagi virus corona, sehingga penting untuk memastikan frekuensi membersihkan ponsel harus sama dengan seberapa sering kamu menggunakannya. Untuk itu cukup dengan membersihkannya menggunakan alkohol secara rutin, kamu dapat mencegah penyebaran virus corona lewat sentuhan gadget.

-2. Hati-hati menggunakan laptop ataupun komputer.

mencegah penyebaran virus corona © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Dalam hal ini kamu harus berhati-hati menggunakan laptop pribadi maupun komputer publik seperti kantor ataupun kampus. Sebab pengguna dari perangkat itu bisa saja menularkan virus, salah satunya corona. Nah cara yang dapat kamu lakukan yakni dengan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah menggunakan laptop atau komputer.

-3. Hindari menyentuh gadget orang lain.

mencegah penyebaran virus corona © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Cara selanjutnya yakni dengan tidak menyentuh gadget orang lain. Sebab kamu tidak pernah tahu siapa saja yang telah memegang dan menyentuh gadget tersebut. Bisa saja gadget tersebut telah tersentuh oleh orang yang telah terkena virus corona. Sebaliknya juga jangan biarkan dan hindari memberikan gadgetmu kepada orang lain.

-4. Menggunakan earphone saat menelepon.

mencegah penyebaran virus corona © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Ketika kamu menggunakan ponsel untuk berkomunikasi, usahakan agar menggunakan earphone. Sebab dengan demikian kamu tidak berlama-lama menyentuh ponsel secara langsung, dan bisa mengurangi penyebaran dan penularan virus tersebut.

Selain itu jangan lupa untuk tetap membersihkan ponsel setelah digunakan agar tidak kotor atau sebagai tempat berkumpulnya kuman. Namun selain itu, sebaiknya kamu juga sering-sering untuk mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir.

-5. Pisahkan saputangan dan gadget di kantong terpisah.

mencegah penyebaran virus corona © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Sebagian orang, ada yang senang membawa saputangan di kantongnya untuk menyeka keringat. Sebaiknya janganlah menyimpan saputangan dan gadget itu dalam kantong yang sama. Sebab gadget yang sering dipegang ini menyimpan banyak bakteri, dengan memisahkannya kamu akan terhindar dari virus corona.

RECOMMENDED BY EDITOR