Brilio.net - Butsir adalah sebuah alat yang digunakan di dalam pembuatan karya seni patung dengan teknik butsir. Teknik ini dapat memudahkan para seniman untuk menghasilkan karya seni patung yang lebih presisi dari segi komposisi dan bentuk. Pasalnya, bentuk alat butsir yang menyerupai pisau ini mampu menjangkau bagian-bagian yang tidak dapat dijangkau oleh tangan.

Selain itu, alat butsir juga biasanya digunakan untuk membuat patung menggunakan bahan dasar yang memiliki permukaan lunak seperti tanah liat, clay, dan lain sebagainya sehingga seniman tidak merasa kesulitan ketika membentuk bagian-bagian patung. Bahan dasar yang lunak membuat seniman dapat dengan leluasa mengurangi atau menambah bahan hingga mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Nah untuk mempelajari lebih rinci mengenai teknik butsir dalam pembuatan patung, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Sabtu (13/8).

Pengertian teknik butsir

teknik butsir dalam membuat patung © berbagai sumber

foto: Unsplash/Sean Robertson

Butsir adalah salah satu teknik dalam pembuatan seni rupa patung dengan menggunakan bahan lunak seperti tanah liat, bubur kertas, lilin, sabun, atau bahan lainnya yang mudah dibentuk. Teknik butsir juga dapat diartikan sebagai proses pembuatan karya seni patung dengan metode menambah dan mengurangi bahan.

Membuat patung dengan menggunakan teknik butsir dapat menerapkan dua cara yaitu secara subtraktif dan adiktif. Teknik butsir dengan cara subtraktif meliputi aktivitas memahat, memotong, aau mencungkil bahan, sedangkan cara adiktif dilakukan dengan mengurangi bahan dengan alat butsir.

Teknik butsir juga merupakan salah satu teknik yang paling fleksibel karena seniman dapat dengan mudah menambah atau mengurangi bahan hingga mendapatkan bentuk yang diinginkan sehingga komposisi dan bentuknya lebih presisi. Teknik ini biasanya menghasilkan karya seni patung yang lebih maksimal karena bahan dasarnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.