Brilio.net - Dunia memang dipenuhi dengan beraneka macam tumbuhan yang tidak terhitung jumlahnya. Selain tumbuhan yang biasa kita tanam, ada lagi berbagai jenis tanaman yang bahkan tidak pernah kita ketahui sebelumnya. Salah satunya adalah bunga Udumbara.

Bunga Udumbara adalah salah satu tumbuhan langka yang sering dikira kotoran serangga. Bunga ini memang memiliki bentuk yang sangat kecil dan tak berdaun. Seluruh bagian tumbuhan ini berwarna putih dan begitu tipis.

bunga udumbara © 2018 berbagai sumber

foto: rgdn.info

Bunga ini berbentuk bulatan seperti kotoran serangga, dan tak tampak mekar seperti bunga pada umumnya. Konon, bunga ini dapat mekar dalam kurun waktu 3000 tahun sekali. Ketika mekar, bunga ini terlihat sangat cantik.

bunga udumbara © 2018 berbagai sumber

foto: mountainrecord.org

Dalam kepercayaan masyarakat India, bunga ini merupakan simbol reinkarnasi dan keabadian. Sehingga, bunga ini cukup sakral di negara tersebut. Tak jarang, bunga terkecil ini sering disebut sebagai bunga yang berasal dari surga. Bunga kecil ini kabarnya dapat tumbuh di mana saja, namun karena ukurannya yang sangat kecil, bunga ini justru terbengkalai dan jadi langka.

bunga udumbara © 2018 berbagai sumber

foto: rgdn.info

Karena bentuknya yang sangat kecil, hingga kini bunga mungil ini masih menuai perdebatan di kalangan para ahli. Sebagian menganggap bunga ini sebagai bagian dari tanaman, sebagian lagi beranggapan bahwa bunga ini bukan tanaman dan hanya jamur yang menempel pada tumbuhan lain.