Brilio.net - Manusia cenderung ingin mencari kemudahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satunya dengan mengembangkan teknologi dari zaman ke zaman. Inovasi juga dilakukan untuk mengoperasikan kendaraan pribadi. Kita lebih sering menggunakan remot kontrol daripada memakai kunci.

Beberapa tahun terakhir memang kita bisa mengunci dan membuka pintu mobil dengan bantuan alat otomatis. Sehingga kita cukup menekan tombol yang ada di alat kontrol dengan bantuan infra merah. Namun, ternyata teknologi tak berhenti di situ saja.

Pria 21 tahun membuat sebuah penemuan cara lain untuk membuka pintu mobil tanpa remot kontrol. Ia hanya perlu menggunakan handphone untuk membantu aktivitas berkendaranya. Pria bernama Roshen Maghhan ini mulai memperkenalkan alat pemancar dan penerima untuk menghidupkan dan mematikan mobil.

Loading...

remot mobil dari hp  World of Buzz

foto: Twitter/@roshenmagghan

Bahkan, tak hanya menghidupkan dan mematikan mesin. Dengan handphone, ia juga bisa menurunkan jendela hingga memutar musik. Ia menjelaskan bahwa semua mekanik di baliknya. Kini, penemuannya menjadi viral di media sosial.

Dilansir brilio.net dari World Of Buzz, Rabu (18/9), penemuan yang menakjubkan masyarakat itu diunggah di media sosial miliknya. Dalam sebuah komentar, ia menjelaskan bahwa setelah berminggu-minggu mempelajari, akhirnya teknik dan kodingnya berhasil.

Namun begitu, ia mengaku belum puas mesin yang ia buat hanya bisa digunakan untuk 3 fungsi. Ia akan menambahkan fungsi lani yang merupakan fitur pemanggilan. Fitur ini adalah salah satu yang memungkinkan pengguna untuk memajukan dan mundur mobil mereka hanya dengan menggunakan telepon genggam.

Roshen mengatakan bahwa ia hanya menghabiskan sekitar RM 200 atau hanya sekitar Rp 671 ribu untuk membeli perangkat keras proyek tersebut. Ia pun akan merambah ke perangkat keras lebih banyak lagi.

"Tahun ini saya berencana merambah ke perangkat keras lebih banyak lagi, dan karena Saya tidak mampu membeli Google, saya telah memutuskan untuk membangunnya saya sendiri menggunakan Artificial Intellegent (AI) dan Arduino," terang Roshen Maghhan.

Ia menambahkan, "jadi pada saat ini, ia bisa mengontrol kipas, TV, AC, dan gerbang rumah saya. Suatu saat saya akan membuat otomatis semua yang ada di rumah saya," jelasnya.

RECOMMENDED BY EDITOR