Brilio.net - Setiap orang pasti memiliki pekerjaan impian sejak masih kecil. Ada yang ingin menjadi dokter, polisi atau pekerjaan mulia lainnya. Tak terkecuali oleh pria yang berasal dari keluarga broken home ini.

Dokter muda ini menuturkan perjalanannya untuk mewujudkan impiannya. Pria yang membagikan kisahnya lewat video TikTok mendapatkan sorotan dari warganet. Pasalnya, dokter yang bernama Ikramsyah Maulana berasal dari keluarga broken home.

Ikramsyah diasuh oleh kakek dan neneknya serta tumbuh dalam keluarga yang sederhana. Dalam video yang dibagikannya, ia mengunggah foto-fotonya saat masih duduk di bangku sekolah hingga menjadi dokter. Ia berjuang untuk menjadi seorang dokter, meski keadaan ekonominya sulit.

anak broken home jadi dokter © TikTok/@dr.ikramsyah_maulana

foto: TikTok/@dr.ikramsyah_maulana

"Dulu ditanya cita-citanya mau jadi apa? Jadi DOKTER. Walau dengan keluarga broken home, dibesarkan oleh nenek dan kakek keluarga sederhana," tulisnya, dikutip brilio.net pada Rabu (25/8).

Selama bersekolah, Ikramsyah mengaku tidak pernah membeli buku. Ia selalu meminjam buku dan laptop dari temannya untuk mengerjakan tugas. Kendati demikian, ia tidak pernah menyerah untuk meraih cita-citanya menjadi dokter.

"Selama sekolah tidak pernah membeli buku selalu meminjam untuk membuat tugas selalu meminjam laptop teman," ujarnya.

Ikramsyah dikenal sebagai murid yang berprestasi. Ia berhasil mendapatkan peringkat dua umum saat lulus SMA. Sayangnya, di momen bahagia itu, tidak ada orang tua maupun wali yang datang menerima hasil kelulusannya.

"Sewaktu mendengar hasil lulus SMA tidak ada orang tua atau wali yang datang untuk menerima hasil kelulusan walau mendapat peringkat 2 umum," katanya.

anak broken home jadi dokter © TikTok/@dr.ikramsyah_maulana

foto: TikTok/@dr.ikramsyah_maulana

Meski begitu, ia berhasil masuk ke fakultas impiannya, yaitu Fakultas Kedokteran di Universita Pattimura. Ia berhasil lulus jalur SNMPTN atau jalur undangan lewat prestasi akademiknya.

"Alhamdulillah dengan perjuangan selama sekolah bisa lulus jalur SNMPTN masuk Fakultas Kedokteran UNPATTI (Universitas Pattimura)," jelasnya.

Selama menempuh pendidikan di universitas, Ikramsyah dihina karena tidak mampu membiayai kuliah di fakultas tersebut. Namun, ia berkuliah dengan beasiswa hingga lulus. Meski begitu, ia tetap harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang tidak dapat ditanggung oleh beasiswa.

"Dianggap remeh sama orang tidak mampu membiayai kuliah di fakultas kedokteran. Alhamdulillah selama kuliah mendapatkan beasiswa sampai lulus. Walau sudah dibantu dengan beasiswa, tapi masih membutuhkan biaya untuk hidup dan keperluan kuliah kedokteran yang cukup banyak," ungkapnya.

Untuk itulah, ia membuka usaha buket bunga yang dikerjakannya sembari kuliah. Tak sekadar itu, dengan keterampilan menjahitnya, ia membuat masker kain untuk dijual. Ia pernah juga menjadi driver ojek online.

anak broken home jadi dokter © TikTok/@dr.ikramsyah_maulana

foto: TikTok/@dr.ikramsyah_maulana

"Alhamdulillah selama kuliah mendapatkan beasiswa sampai lulus, pada tahun 2016 alhamdulillah dengan keterampilan yang saya miliki, saya membuka usaha buket bunga sambil kuliah. Selain itu juga saya membuat masker kain untuk dijual, pernah juga harus ngojek," ujarnya.  

Dengan perjuangan yang tak mudah, Ikramsyah berhasil lulus dengan predikat Cumlaude. Kini ia telah menjadi seorang dokter. Di akhir video, ia mengungkapkan untuk terus berusaha meraih cita-cita.  

"Alhamdulillah bisa lulus dengan predikat CUMLAUDE, alhamdulillah sekarang bisa menjadi dokter. Bermimpilah, berdoalah, berusahalah, jika itu rezekimu tak akan lari kemana," pungkasnya.

Video tersebut menjadi viral di media sosial dan telah dilihat sebanyak 4,6 juta kali. Warganet memberikan beragam komentar. Tak sedikit dari mereka yang merasa salut dengan perjuangannya meraih cita-cita.

"Tuhan gk akan tutup jalan buat yg mau berusaha dan belajar, km hebat," ucap @lidyayulianti09.

"Masya Allah perjuangan nya, semoga sukses selalu Aamiin," ujar @anita9072.

"Kuliah sambil kerja itu bener2 harus kuat..apalagi jurusan kedokteran..," tulis @uswatun.hazanahz.

"terima kasih dok, inspirasi anak2 yg broken home bisa sukses juga," kata @sultanasry86.

"salut sama perjuangan kamu .. semoga jadi dokter yg selalu membantu orang banyak," kata @traapusing2.

@dr.ikramsyah_maulana Gak percaya bisa sekuat ini bermimpi, berdoa dan berusaha #fyp #fy #motivasi #drikram Sang Dewi - Lyodra & Andi Rianto

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)