Brilio.net - Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pasalnya BNPB baru saja mendapatkan penghargaan dari United Nations Public Sector Award atau UNPSA 2019. Hal ini diketahui dari cuitan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, pada Selasa (21/5).

Sutopo menuliskan di tengah situasi politik Indonesia memanas. Ada sisi lain yang membanggakan, di mana BNPB berhasil meraih sebuah penghargaan.

"Di tengah suasana pilitik yang panas. Polarisasi yang menegangkan. Ada berita yang membanggakan. BNPB mendapat penghargaan dari PBB atas PetaBencana.id  dalam ajang United Nations Public Sector Award atau UNPSA 2019. PetaBencana.id," tulis Sutopo di akun Twitternya.

Loading...

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mendapatkan penghargaan atas PetaBencana.id pada ajang United Nations Public Sector Award atau UNPSA 2019. PetaBencana.id ini menjadi pemenang untuk kategori_Ensuring Integrated Approaches in Public Sector Institutions_.  

Penghargaan ini merupakan gagasan dari Badan PBB untuk Masalah Ekonomi dan Sosial atau United Nations Department of Economic and Social Affairs. Program tersebut digiatkan oleh PBB dalam rangka menciptakan 17 tujuan sebagai Sustainable Development Goals (SDGs).

Tujuan yang ditargetkan hingga 2030 ini salah satu membahas mengenai Climate Action. Isu climate action ini sangat terkait dengan isu perubahan iklim yang dirasakan oleh seluruh dunia. Kategori yang dimenangkan oleh PetaBencana.id ini merupakan bagian dari topik SDGs pada tujuan Climate Action tersebut.

Platform ini memungkinkan para pengguna untuk aktif dalam melaporkan keadaan banjir di wilayahnya secara realtime. Di mana setiap orang yang menggunakan media sosial dan aplikasi pesan instan kini dapat melaporkan situasi banjir di sekitar dengan mudah. Pengguna Twitter cukum mengirim cuitan ke @petabencana dengan #banjir dan BencanaBot akan otomatis memandu pengguna untuk mengisi laporan.

RECOMMENDED BY EDITOR