Brilio.net - Birokrasi merupakan instrumen yang penting dalam masyarakat modern. Eksistensi birokrasi ini sebagai konsekuensi logis dan tugas utama negara atau pemerintah dalam menyelenggarakan kesejahteraan masyarakat.

Seringkali birokrasi ditandai dengan prosedur yang berbelit-belit, menyulitkan, dan menjengkelkan. Namun, birokrasi dipahami dari perspektif yang positif yaitu sebagai upaya untuk mengatur dan mengendalikan perilaku masyarakat supaya tertib.

Dewasa ini birokrasi sering diartikan sebagai lembaga atau institusi yang melaksanakan fungsi-fungsi dan tanggung jawab negara. Dalam artian lain, birokrasi sebagai organisasi para pejabat yang tersusun secara hierarkis dan diangkat untuk melaksanakan tujuan publik tertentu.

Dalam pelaksanaannya, birokrasi memiliki prosedur yang bersifat tetap dan rantai komando yang berupa hierarki kewenangannya mengalir dari atas ke bawah. Birokrasi ini dimaksudkan sebagai sistem otoritas yang ditetapkan secara rasional dengan berbagai macam peraturan guna mengorganisir pekerjaan yang dilakukan oleh banyak orang.

Untuk lebih rinci, berikut penjelasan mengenai pengertian dan tujuan birokrasi, dirangkum brilio.net dari berabagi sumber pada Rabu (18/5).

 

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR