Brilio.net - Gojek berkolaborasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) untuk menghadirkan kemudahan bagi para commuter. Kini, pengguna Gojek bisa dengan mudah membeli tiket KRL Commuter Line di aplikasi Gojek lewat fitur GoTransit. Fitur ini sejalan dengan visi pemerintah untuk menggalakkan penggunaan transportasi publik.

GoTransit adalah fitur di aplikasi Gojek yang memudahkan pengguna untuk merencanakan perjalanan dari titik keberangkatan awal hingga tujuan akhir secara lebih efisien dalam satu platform, yang dirancang sebagai layanan penghubung awal dan akhir perjalanan (First Mile-Last Mile) guna melengkapi moda transportasi publik.

GoTransit GoTransit

foto: GoTo

"Kemudahan ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan dan loyalitas pengguna. Kami percaya tujuan tersebut dapat terwujud mengingat sejak inovasi ini diperkenalkan pada akhir Mei 2022 lalu, fitur GoTransit sudah diakses 20 kali lipat lebih banyak,” jelas Direktur GoTo, sekaligus Head of Indonesia Sales & Ops Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo seperti dilansir brilio.net dari press release, Jumat (24/6).

Selain fitur ini, Gojek berkolaborasi dengan PT KCI akan menghadirkan aneka inovasi lain.

“Lewat kampanye #JalanTerus, Gojek berkomitmen untuk semakin mempermudah mobilitas masyarakat dalam menggunakan moda transportasi publik. Kami tengah menyiapkan inovasi teknologi agar masyarakat dapat membeli tiket secara bundling sehingga semakin praktis dan hemat," tambah Catherine.

PT Kereta Commuter Indonesia menyambut hangat kolaborasi ini. Direktur Utama PT KCI, Roppiq Lutzfi Azhar mengatakan bahwa inovasi ini akan membawa manfaat bagi pengguna harian Kereta Commuter Line yang jumlahnya mencapai 1,2 juta orang per hari.

Fitur GoTransit menawarkan tiga pilar manfaat yaitu,

1. Kenyamanan dan kemudahan dalam membeli tiket KRL Commuter Line melalui aplikasi Gojek.

Kamu kini bisa membeli tiket KRL Commuter Line dengan lebih mudah dan praktis. Tiket bisa dibeli secara nontunai dengan memanfaatkan GoPay atau LinkAja tanpa perlu nominal deposit. Pengguna akan mendapatkan kode QR pada laman fitur GoTransit di aplikasi Gojek, untuk dapat melakukan tap-in pada waktu keluar dan masuk dari semua gerbang yang ada di stasiun Commuter Line.

2. Integrasi Multi Moda: Penggunaan transportasi multi-moda yang lebih terhubung.

Selain membeli tiket KRL Commuter Line dengan menggunakan pembayaran GoPay, kamu dapat memesan layanan transportasi dari Gojek, baik GoRide, GoCar, maupun GoBluebird, menuju dan dari pemberhentian transportasi umum seperti stasiun KRL Commuter Line.

3. Perjalanan yang lebih efisien.

GoTransit memungkinkan pengguna untuk memilih rute perjalanan terbaik sehingga dapat melakukan perencanaan perjalanan secara lebih efisien, membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan, memperkirakan estimasi waktu perjalanan, hingga memantau jadwal operasional transportasi publik.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi juga memberikan apresiasi akan kolaborasi ini.

"Kami meyakini bahwa konektivitas antarmoda serta kehadiran titik-titik transit-oriented development (TOD) seperti yang diupayakan oleh Gojek dan PT
KCI ini berperan kunci dalam mendorong penggunaan transportasi umum oleh masyarakat," ucap Budi Karya.

Wakil Menteri BUMN 2 Kartika Wirjoatmodjo juga memberikan apresiasi.

"Di sektor transportasi, kehadiran kolaborasi ini semakin melengkapi layanan transportasi publik yang disediakan oleh BUMN. Apalagi, elemen konektivitas dan integrasi bersifat krusial dalam menciptakan transportasi yang berkualitas," pungkas Kartika.

Fitur Go Transit ini menjadi wujud konkret dari strategi GoTo untuk mencapai profitabilitas dengan menyediakan layanan bernilai tambah (value-added services) kepada konsumennya.

GoTransit GoTransit

foto: GoTo

GoTo melaporkan peningkatan pendapatan bruto sebesar 58% dan peningkatan transaksi (GTV) sebesar 44% secara year on year di segmen on-demand services di laporan kinerja perusahaan.

GoTransit ini juga jadi cara GoTo untuk mewujudkan komitmen sustainability “Three Zeroes” terutama Zero Emission, Diharapkan dengan fitur ini bisa membantu masyarakat untuk menggunakan transportasi publik dengan menjadikan layanan transportasi Gojek sebagai moda penghubung atau layanan first-mile dan last-mile.