Brilio.net - Warga Irak, tepatnya Baghdad, sedang menikmati fenomena langka yang sudah lama tak terjadi, bahkan bagi sebagian kaum muda Baghdad itu semua hanyalah cerita.

Ketika pagi tiba, warga Baghdad dikejutkan dengan pemandangan depan rumah yang sudah didominasi warna putih salju.

Baik kaum muda maupun tua di Baghdad tidak ingin melewati momen ini begitu saja. Mereka bergegas mengabadikan momen ini dengan berfoto berlatar pemandangan salju yang menurut mereka kejadian langka.

Kejadian lankga, Baghdad turun hujan salu. Twitter

foto: Twitter/@khalid_th8

Loading...

Mengutip dari timesnownews.com, laporan cuaca setempat melaporkan, fenomena alam tersebut menjadi momen hujan salju pertama di Baghdad dalam seratus tahun terakhir. Pasalnya, hujan salju terakhir terjadi pada tahun 2008.

Ratusan warga Ibu kota Irak tersebut seakan berlomba untuk membagikan momen langka ke media sosial. Sementara itu, Badan Meteorologi Irak mengatakan fenomena ini kemungkinan masih akan berlanjut. Sedangkan gelombang dingin ini sendiri datang dari gelombang dingin Eropa.

Turunnya salju di Ibu kota Irak ini sebenarnya suatu fenomena yang aneh, karena Irak sendiri lebih terbiasa dengan suhu panas yang bahkan bisa menyentuh angka 48-50 derajat Celcius di musim panas. Bahkan dalam beberapa tahun ini, Baghdad sedang dilanda cuaca ekstrem, yang menyebabkan Baghdad krisis air, dan menimbulkan berbagai penyakit.

Sebuah laporan dari 2018 oleh Kelompok Kerja Pakar. Irak adalah negara yang paling rawan menghadapi perubahan iklim dari panas berkepanjangan, curah hujan tak menentu dan tak jarang memiliki suhu tinggi yang melebihi rata-rata suhu yang ada. Namun fenomena salju yang terjadi belum bisa dikaitkan dengan fenomena alam krisis iklim.

RECOMMENDED BY EDITOR