Brilio.net - Dua saudara perempuan asal Jepang yang lahir pada tahun 1913 belum lama ini mendapat pengakuan dari Guinness World Records sebagai saudara kembar tertua di dunia. Mereka adalah Umeno Sumiyama dan Koume Kodama, perempuan yang berusia genap 107 tahun.

Kabar itu dibagikan oleh Instagram resmi Guinness World Records Jepang pada Senin (20/9). Pengumuman tersebut dibuat bertepatan dengan Hari Penghormatan untuk Lansia Nasional di Jepang.

"Umeno Sumiyama dan Koume Kodama telah disertifikasi sebagai Guinness World Records untuk "kembar identik tertua dalam sejarah," tulis keterangan unggahan Guinness World Records.

foto: Instagram/@gwrjapan

Saudara kembar ini tinggal di pusat perawatan terpisah ketika menerima sertifikat dari Guinness World Records itu. Staf pusat perawatan mengatakan Sumiyama menangis ketika mendapat pengakuan tersebut.

"Sumiyama menangis ketika melihat sertifikat itu, sementara Kodama tidak bisa memahami isi dan pentingnya sertifikat karena masalah ingatan," kata staf pusat perawatan dikutip dari mstar.com, Kamis (23/9).

Sumiyama dan Kodama telah memecahkan rekor sebagai kembar tertua yang sebelumnya dipegang oleh Kin Narita dan Gin Kanie. Sayang, Kin meninggal pada tahun 2000 sedangkan Gin menyusul ditahun berikutnya pada usia 108 tahun.

foto: Instagram/@gwrjapan

Meskipun mereka kembar identik, namun Kodama dan Sumiyama tinggal berjauhan. Si kembar identik ini berpisah karena Kodama mengikuti pamannya ke luar negeri. Sepanjang hidup pasangan itu tinggal 300 kilometer jauhnya dan hanya bertemu setiap acara keluarga saja.

Seperti yang diwartakan Mstar, menjelang usianya yang ke-70, Sumiyama dan Kodama mulai melakukan beberapa perjalanan bersama. Di Jepang sendiri, memiliki angka harapan hidup tertinggi di dunia.

Selain itu warga Jepang memiliki sikap menghormati orang tua. Menurut catatan Guinness, orang tertua yang masih hidup berasal dari Jepang yaitu Kane Tanaka yang berusia 118 tahun.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh (@gwrjapan)