Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Wow
Dwiyana Pangesthi (brl/pep)

18 Juli 2019 04:03

Bentuknya unik, 10 patung ini punya kisah menakjubkan

Keberadaan sebagai monumen atau ikon..

Bentuknya unik, 10 patung ini punya kisah menakjubkan

View Image



Brilio.net - Kita dapat menemukan monumen atau patung di pusat kota. Biasanya patung-patung ini didirikan dengan maksud dan tujuan sebagai hiasan ataupun ikon suatu daerah. Untuk mengesankan pada pemirsa, biasanya para pematung modern membuat patung dengan bentuk yang tak biasa.

Karya-karya mereka sering aneh bahkan ada yang bergerak, menyala, atau hal-hal di luar pemikiran orang biasa. Namun, ada beberapa monumen yang terlihat cukup sederhana, tetapi memiliki cerita menakjubkan di balik pembuatan monumen ini.

Apa monumen unik yang ada di kota kamu? Beberapa monumen di berbagai tempat di dunia memiliki cerita menakjubkan di balik pembuatannya, brilio.net lansir dari brightside, Rabu (17/7).

1. Patung wanita dengan tas.

Bentuknya unik © 2019 brilio.net

Loading...

foto: brightside.me

Monumen ini didirikan di Vaxjo, untuk mengenang Danuta Danielsson, seorang wanita Swedia yang menunjukkan keberaniannya sebagai warga sipil. Itu terjadi tahun 1985 pada masa demonstrasi Partai Reich Nordik, sekelompok orang agresif yang mendukung ide-ide Nazi.

Kebanyakan orang mencoba untuk tidak melihat demonstrasi dan mencoba untuk menghindari itu. Danuta memukul salah satu kepala pria dengan mengunakan tas di tangannya. Hal ini menginspirasi orang lain dan semua orang mulai berkumpul untuk mengusir neo-Nazi. Pada akhirnya, para neo-Nazi bersembunyi di kamar mandi di stasiun kereta api dan menunggu polisi.

Setelah itu, banyak kartu dan patung Danuta dibuat dan dijual. Dia sekarang diasosiasikan sebagai seseorang yang tidak mau hanya menonton ketika sesuatu yang buruk dan tidak adil terjadi.

2. Patung hiu di atap rumah.

Bentuknya unik © 2019 brilio.net

foto: brightside.me

Kamu dapat melihat patung ini di Oxford, Inggris. Kesan pertama melihatnya, sepertinya seekor ikan besar baru saja menabrak atap salah satu rumah. Terlepas bentuk dan konsepnya yang lucu, ia memiliki cerita yang sangat menyedihkan. Hiu itu melambangkan sebuah bom yang dipasang di sana pada peringatan 41 tahun serangan Nagasaki.

3. Patung Gajah dengan ukuran besar.

Bentuknya unik © 2019 brilio.net

foto: brightside.me

Patung ini terletak di St Thomas, Kanada. Ini menunjukkan gajah sabana yang tingginya sekitar 13 kaki. Tapi patung ini tak hanya sebagai hiasan menyenangkan saja. Patung ini dibuat untuk mengenang gajah sirkus paling terkenal, Jumbo. Ia yang meninggal karena tertabrak kereta api di rel kereta api.

4. Monumen mobil fico merah.

Bentuknya unik © 2019 brilio.net

foto: brightside.me

Monumen ini terletak di Osijek, Kroasia. Kalau kita lihat mobil fico merah kecil (Fiat) mendorong tangki besar ke tanah dengan roda-rodanya. Patung ini dibuat untuk mengenang kisah nyata.

Mobil ini menjadi terkenal pada 27 Juni 1991, ketika pasukan militer Yugoslavia memasuki kota. Salah satu warga memarkir Fiat merah untuk menghalangi jalan ketika tank musuh datang. Setelah itu, pria itu meninggalkan mobilnya dan berjalan pergi. Mobil itu hancur tetapi insiden itu juga direkam dalam video yang kemudian ditampilkan di tv. Akibatnya, mobil itu menjadi terkenal dan menjadi simbol semangat warga Osijek.

5. Monumen kumbang kapas.

Bentuknya unik © 2019 brilio.net

foto: brightside.me

Monumen yang terletak di Enterprise, Alabama ini, terlihat sangat aneh. Patung ini menggambarkan dewi pertanian, tanaman gandum, kesuburan, dan hubungan keibuan. Ceres, dewi pertanian Romawi, memegang kumbang kapas, hama, di atas kepalanya. Namun, sama seperti semua patung lain di artikel ini, yang satu ini punya cerita sendiri yang menarik.

Pada tahun 1915 ketika populasi kumbang kapas di Alabama tiba-tiba meningkat. Selama 3 tahun, serangga itu secara aktif menghancurkan ladang kapas dan petani lokal yang pendapatannya bergantung pada penjualan kapas berada di ambang kebangkrutan. Mereka tidak tahu bagaimana cara memberantas hama ini.

Tapi kemudian, salah satu petani memutuskan untuk menanam kacang tanah di ladangnya, bukan kapas. Produk itu ternyata benar-benar diminati dan petani menjadi kaya. Ia menjadi contoh positif bagi orang lain. Monumen ini didirikan pada tahun 1919 sebagai pengingat bahwa kadang-kadang bencana bukan akhir, tetapi kesempatan untuk memulai kehidupan baru dan lebih baik.

6. Monumen laki-laki dalam bak mandi.

Bentuknya unik © 2019 brilio.net

foto: brightside.me

Di Grand Junction, Colorado, AS, ada sebuah monumen yang tidak biasa. Patung itu menunjukkan seorang pria yang sedang menulis sesuatu dan mandi dengan bebek mainan. Banyak pengunjung mengambil foto dengan patung itu, tetapi ternyata patung itu memiliki makna.

Pembuatnya itu berusaha menunjukkan Dalton Trumbo, penulis naskah film seperti Roman Holiday, Spartacus, dan A Guy Named Joe. Pada tahun 1947, Trumbo dimasukkan ke daftar hitam Hollywood karena ia dekat dengan Partai Komunis Amerika. Ketika Dalton menolak untuk memberi tahu nama-nama anggota partai itu, ia dijatuhi hukuman 11 bulan penjara.

Ada film berjudul Trumbo tentang penulis naskah berbakat yang peran utamanya dimainkan oleh Bryan Cranston. Dan ya, Dalton suka bekerja di kamar mandi. Inilah mengapa patung itu terlihat seperti itu.

7. American Stonehenge.

Bentuknya unik © 2019 brilio.net

foto: brightside.me

Monumen ini terdiri dari 6 lempengan granit dan terletak di Elbert County, Georgia, di Amerika Serikat. Ada tulisan di lempengan itu dengan 8 bahasa modern dan 4 bahasa kuno. Teks-teks itu memberikan instruksi tentang cara mengembalikan masyarakat setelah akhir zaman.

Menariknya tak ada yang tau siapa orang yang memprakarsai pendirian monumen ini. Lembaran dibuat oleh perusahaan Elberton Granite Finishing. Menurut perwakilan perusahaan, mereka menetapkan harga 8 kali lebih tinggi dari biasanya, tetapi pelanggan misterius memperkenalkan dirinya sebagai Robert C dan membayar harga tanpa tawar-menawar. Tidak ada yang tau siapakah Robert C ini.

8. Tikus yang sedang merajut.

Bentuknya unik © 2019 brilio.net

foto: brightside.me

Monumen ini didirikan di Rusia di kampus Universitas Novosibirsk. Dibuka pada 1 Juli 2013. Pembuatan patung ini adalah untuk mengungkapkan rasa terima kasih para ilmuwan kepada tikus-tikus lab yang memberi mereka kesempatan untuk mempelajari gen dan mekanisme fisik, molekuler penyakit, dan mengembangkan obat-obatan.

9. Monumen bulu elang.

Bentuknya unik © 2019 brilio.net

foto: brightside.me

Monumen ini dibangun di Middleton, Irlandia dan dibuka secara resmi pada tahun 2017. Sembilan bulu elang yang terbuat dari stainless steel membentuk lingkaran dan tingginya 19 kaki.

Ada alasan mengapa itu tampak seperti topi perang penduduk asli Amerika. Monumen ini didirikan untuk mengenang bantuan yang diberikan penduduk asli Amerika kepada Irlandia selama kelaparan.

10. Patung orang di tribun penonton.

Bentuknya unik © 2019 brilio.net

foto: brightside.me

Patung seorang lelaki buta didirikan di stadion klub sepak bola Valencia. Itu dibuat untuk mengenang penggemar setia Vicente Aparicio yang berusaha untuk tidak melewatkan pertandingan tim kandang.

Sekitar 40 tahun yang lalu, Vicente kehilangan penglihatannya karena retina yang terpisah, tetapi dia tidak pernah berhenti mengunjungi stadion untuk berada di dekat penggemar klub sepakbola lainnya dan menikmati suasana pertandingan. Aparicio meninggal 2 tahun yang lalu dan patung perunggu itu dibangun pada hari peringatannya.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Patung Karya Seni Ikon Kota/Negara
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE