Brilio.net - Indonesia terkenal dengan keberagaman latar belakang masyarakatnya. Maka dari itu, toleransi dipupuk sejak dini agar sesama anggota masyarakat saling memahami dan menghormati kemajemukan tersebut. Tak boleh satu sama lain merasa lebih baik dan memaksakan kehendakanya. Sebab, hal itu bakal merusak kerukunan yang telah dibina dan diwariskan nenek moyang selama ini.

anak SD belajar toleransi istimewa

Salah satu contoh membina kerukunan antar umat beragama dilakukan guru-guru dari SD Muhammadiyah Probolinggo yang mengajak siswa-siswanya berkunjung ke gereja katolik Maria Bunda Karmel Probolinggo, Jawa Timur pada Senin (28/8). Hal ini untuk belajar praktik toleransi di masyarakat.

anak SD belajar toleransi istimewa

anak SD belajar toleransi istimewa

"Senin, 28-8-2017
150 siswa/siswi & 10 guru SD Muhamadiyah kota Probolinggo datang berkunjung utk praktek toleransi sejak dini di gereja katolik Maria Bunda Karmel Probolinggo.
Diterima oleh pastor paroki, Rm. Hugo Susdianto O'Carm
Mereka melihat dan masuk dalam gedung gereja, melihat2 isinya, bertanya2 tentang keingintahuannya.
Dengan bahasa mereka, ada yg bertanya pada pastor
"Ustad disini tinggal sm siapa?"
semoga semakin memupuk rasa kebangsaan dlm NKRI ini," seperti dikutip brilio.net dari status Keuskupan Agung Jakarta, Minggu (3/9).

Sontak saja postingan foto-foto bukti toleransi itu banjir punjian naetizen. Mereka mendukung pembelajaran toleransi sejak masih kana-kanak.

anak SD belajar toleransi istimewa

anak SD belajar toleransi istimewa

"Kami sebagai Umat Katolik sngt berterimakash kpd para Guru dan siswa/siswi Muhamadiah di Probolinggo atas kunjungannya di Gereja Katolik kami,salut dan bangga inilah yg patut kita acungi jempol," komentar akun Sulis.

"Toleransi dalam beragama itu penting untuk menjaga kerukunan dalam beragama.di indonesia sendiri banyak ke aneka ragaman budaya dan agama....bukan hanya islam,kristen,hindu dan budha saja bahkan kepercayaan lainpun ada...semoga indonesia menjadi negara yang kuat dalam toleransi beragamanya," timpal akun Liasastrowikromo Batubara.

anak SD belajar toleransi istimewa

anak SD belajar toleransi istimewa

"Menitis air mataku melihat fenomena ini,Ahkir ahkir ini bangsa ini di suguhkan dgn intoleransi yg mencederai kebhinekaan kita.Inilah yg perlu kita pupukan sehak dari dini akan makna pervedaan di antara kta,Indonesia itu indah,justru perbedaan akan memperjaya bangsa ini dari berbagai sudut. Bersatulah wahai Indonesiaku," tambah akun Martin Mosamego.