Brilio.net - Perbedaan pendapat antara putra-putri dengan orangtua bukan hal baru. Apalagi saat mengambil keputusan besar dalam hidup seperti pilihan karier. Rasanya tidak salah jika mengatakan, mungkin hampir sebagian besar orang pernah atau sedang menghadapi masalah ini.

Tak dipungkiri, perbedaan perspektif pilihan karier di antara kamu dan orangtua kerap mengundang perdebatan. Biasanya hal ini terjadi ketika orangtua tidak terima dengan keputusanmu yang lebih memilih mengejar karier antimainstream sesuai passion dibanding jalan karier yang aman dan jelas masa depannya.

Ketika dihadapkan dengan masalah ini, tidak sedikit yang memilih berdiam diri. Namun ada juga yang mencoba speak up. Sayangnya, saat mencoba speak up tidak selalu berhasil dan berjalan mulus. Tak jarang orangtua justru tidak mau mendengar dan mengerti.

“Duh bokap gue susah banget ngertiin gue”, “Gue baru ngomong dikit aja udah disanggah orang tua gue, jadi males jelasinnya” adalah beberapa kalimat yang kerap muncul sebagai wujud masih adanya ganjalan antara kamu dan orangtua perihal passion atau karier.

Begini cara ungkap titik temu passion diri vs keinginan orangtua Istimewa

foto: Istimewa

Kalau sudah seperti itu, solusi terbaik adalah mencari tahu "bahasa mengerti" masing-masing. Bahasa mengerti di sini adalah memberi pengertian. Jika kamu dan orangtua masih belum menemukan bahasa mengerti tersebut, itu tandanya kamu harus mencari cara dan siasat baru untuk menyampaikannya.

Seringkali orangtua berasumsi memiliki pemikiran yang sama dengan putra-putri mereka. Padahal, bahasa mengerti kedua belah pihak ini ibarat bumi dan langit. Untuk itu, kamu tidak boleh menyerah menemukan bahasa mengerti tersebut.

Begini cara ungkap titik temu passion diri vs keinginan orangtua Istimewa

foto: Istimewa

Seperti kisah Jeremy yang decide untuk tidak menyerah meyakinkan sang ayah akan pilihan passion-nya. Seringkali, keduanya berdebat perihal keputusan Jeremy terhadap jalan hidupnya. Meski begitu, ternyata usaha Jeremy meyakinkan sang ayah berbuah kesuksesan karena akhirnya ia menemukan bahasa mengerti yang selama ini dicari.

Begini cara ungkap titik temu passion diri vs keinginan orangtua Istimewa

foto: Istimewa

Nah, buat kamu yang selama ini passion-nya ingin didengar orangtua, cerita Jeremy bisa menjadi inspirasimu untuk decide membuktikan mimpimu kepada mereka. Daripada makin penasaran, tonton Video Jeremy selengkapnya di bawah ini.

Begini cara ungkap titik temu passion diri vs keinginan orangtua

 

RECOMMENDED BY EDITOR