Brilio.net - Pulau Dewata adalah pulau yang kaya dengan budaya dan kekayaan alam nan memesona. Ciri khas Bali begitu kental terlihat dari kedua hal tersebut. Tapi yang bikin bangga, tarian-tarian Bali masuk ke dalam warisan budaya UNESCO, lho.

Tepat pada 2 Desember 2015 lalu, sembilan tari tradisi Bali ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Dunia berdasarkan hasil sidang UNESCO di Namibia, Afrika. Tari-tari itu antara lain adalah Tari Barong Ket, Tari Joged Bumbung, Tari Legong Keraton, Drama Tari Wayang Wong, Drama Tari Gambuh, Topeng Sidhakarya, Tari Baris Upacara, Tari Sanghyang Dedari dan Tari Rejang.

Nah, kali ini kita bahas Tari Barong Ket atau Barong Keket. Tarian ini adalah Tari Barong yang kerap dipertunjukkan kepada para wisatawan yang datang ke Bali di antara Tari Barong lain seperti Barong Bangkal (babi), Barong Gajah, Barong Asu (anjing), Barong Brutuk, dan barong-barongan.

Tari Barong ini diambil dari cerita sejarah pra-hindu yakni cerita Mahabrata, sebagaimana dikutip brilio.net dari tourbali.co.id, Kamis (29/9). Apa yang bisa kamu lihat dari tarian ini bukan sekadar gerak penari yang lihai, tapi juga nilai yang tersirat di dalamnya. Tarian ini melambangkan pertempuran antara kebaikan yang dilambangkan dengan Barong, dan keburukan yang dilambangkan Rangda. Kedua hal ini nggak bisa dipisahkan menurut keyakinan masyarakat Bali, terkhusus yang beragama Hindu.

Dalam pertunjukan, kostum Barong Ket menggambarkan perpaduan antara singa, harimau, dan lembu. Badannya dihiasi ornamen dari kulit, potongan-potongan kaca cermin, dan dilengkapi bulu-bulu dari serat daun pandan. Secara sekilas Barong Ket nggak jauh berbeda dengan Barongsai dari China. Pembedanya adalah dari segi cerita. Barong Ket lebih berdasarkan cerita terkait keyakinan umat Hindu.

Kamu yang liburan ke Bali, jangan lewatkan menonton pertunjukan tari Barong Ket, ya. Cek dulu yuk, video dari akun YouTube Nakusan Bali untuk spoiler sebelum liburan nonton Barong Ket:

Tari Barong Ket sudah menunjukkan bahwa tari Indonesia, terkhusus dari Bali bisa #BikinKerenIndonesia. Mau tahu kekerenan Indonesia yang lain? Cek yuk di telkomsel.com/bikinkerenindonesia. Oh, iya, terima kasih untuk kamu yang juga sempat ikutan berbagi kisah inspiratif atau tentang keragaman Indonesia dalam #BikinKerenIndonesia. Jangan menyerah untuk selalu bikin bangga Indonesia, ya!