Brilio.net - Dalam ilmu ekonomi, barang substitusi adalah barang pengganti yang mirip dengan produk lain di mata konsumen. Secara sederhana, barang substitusi merupakan barang yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi barang lain. Substitusi juga dapat dipahami sebagai barang yang berbeda, tetapi dapat saling menggantikan fungsinya dengan sempurna.

Dengan adanya barang substitusi, diharapkan masyarakat dapat memiliki alternatif pengganti untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang substitusi berperan penting untuk menjaga kestabilan harga dan memberikan banyak pilihan barang untuk konsumen. Jika ada satu barang atau produk yang mengalami kenaikan atau penurunan harga, maka biasanya permintaan barang substitusi akan ikut menyesuaikan permintaan pasar.

Pada praktiknya, banyak sekali contoh barang substitusi yang dianggap dapat menjadi alternatif jika produk atau barang utama tidak ada atau sedang mengalami kelangkaan. Nah untuk lebih memahami pengertian, jenis, dan contoh barang substitusi, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (23/8).