Brilio.net - Becak motor merupakan alat transportasi umum yang sering dijumpai di Pulau Sumatera. Kalau di Sumatera sendiri khususnya Sumatera Utara dan Aceh, orang-orang menyebutnya sebagai becak mesin.

Alat transportasi ini memang sangat populer bagi orang Sumatera, pasalnya bisa ditumpangi oleh beberapa orang dan lebih cepat sampai tujuan. Berbeda dengan becak motor lainnya, kalau di Sumatera sendiri sang pengemudi berada di samping penumpang, bukan di belakang.

Bukan orang Indonesia namanya kalau segala sesuatu tak menjadi hal yang kreatif. Seperti salah satu perlombaan balap yang ada di Indonesia. Umumnya, perlombaan balap bisa motor maupun mobil. Tapi kali ini sangat beda dari yang biasanya.

Di Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh ada perlombaan balap becak motor. Layaknya balap MotoGP, para peserta membawa becak motornya bermanuver setiap kali ada tikungan. Berikut videonya yang brilio.net kutip dari akun Twitter @CrazyinINa, Jumat (3/8).

Dalam video tersebut tampak para peserta saling berlomba mengitari sirkuit jalan raya yang sudah steril. Layaknya balap MotoGP, para peserta juga bermanuver setiap kali ada menjumpai tikungan. Dan tentu saja perlombaan ini sangat menarik perhatian.

Pasalnya, nggak semua orang bisa mengendarai becak motor bisa belok dengan sempurna di tikungan. Selain itu mereka tetap bisa memacu becak motor tanpa menabrak peserta lainnya. Tak sedikit netizen yang memuji perlombaan unik ini dan juga skill para peserta untuk mengendarai becak motor dengan baik saat balapan.

"Ini kudu belajar nih buat di pubg biar motornya stabil :(" kata akun @faizal_seven.

"mantaaaaap," kata akun @Aldinowallad.

"Wah keren sih ini. Di mana yak kira2," kata akun @mzildijan6.

"Sidecar TT Island dengan kearifan lokal," kata akun @xjapanboys.

"Hahahaaa ngerih," kata akun @AdeKakeq.