Brilio.net - Surat Al-Bayyinah merupakan surat ke-98 dalam Al-Qur'an yang diturunkan di Madinah dan terdiri dari 8 ayat. Surat ini diberi nama Al-Bayyinah karena diambil dari kata "Al-Bayyinah" yang disebutkan dalam ayat pertama dan memiliki arti pembuktian.

Dengan membaca surat Al-Bayyinah, kamu bisa memahami bahwa Al-Qur'an dan Nabi Muhammad SAW dapat menjadi bukti nyata dari Allah tentang jalan lurus dalam agama Islam. Bukti nyata ini ditujukan untuk orang-orang kafir, yakni para ahli kitab dan orang-orang musyrik. Mereka tidak mau meninggalkan kepercayaan lamanya sebelum datang bukti yang nyata.

Selain itu, surat Al-Bayyinah juga menjelaskan bahwa orang-orang kafir akan mendapatkan ganjaran neraka. Sedangkan orang-orang beriman dan berbuat amal saleh akan mendapatkan balasan berupa surga. Dengan membaca surat Al-Bayyinah, orang-orang beriman dari orang-orang musyrik dan Allah juga akan memudahkan hisabnya kelak.

Supaya kamu dapat belajar dan memahami lebih lanjut mengenai surat Al-Bayyinah, kamu bisa membaca surat tersebut. Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/1), inilah bacaan surat Al-Bayyinah yang lengkap dengan huruf Arab, latin, dan terjemahannya.

1. Lam ya kunil laziina kafaru min ahlil kitaabi wal mushri kiina mun fak kiina hattaa ta-tiya humul bayyinah

surat Al-Bayyinah © 2022 brilio.net

Artinya: "Orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik tidak akan meninggalkan (agama mereka) sampai datang kepada mereka bukti yang nyata."

2. Rasuulum minal laahi yatlu suhufam mutahharah

surat Al-Bayyinah © 2022 brilio.net

Artinya: "(yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang suci (Al-Qur'an),"

3. Fiiha kutubun qaiyimah

surat Al-Bayyinah © 2022 brilio.net

Artinya: "di dalamnya terdapat (isi) kitab-kitab yang lurus (benar)."

4. Wa maa tafarraqal laziina uutul kitaaba il-la mim b'adi ma jaa-at humul baiyyinah

surat Al-Bayyinah © 2022 brilio.net



Artinya: "Dan tidaklah terpecah-belah orang-orang Ahli Kitab melainkan setelah datang kepada mereka bukti yang nyata."

5. Wa maa umiruu il-la liy'abu dul laaha mukhlisiina lahud-diina huna faa-a wa yuqiimus salaahta wa yu-tuz zakaata; wa zaalika diinul qaiyimah

surat Al-Bayyinah © 2022 brilio.net



Artinya: "Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar)."

6. Innal laziina kafaru min ahlil kitaabi wal mushri kiina fii nari jahan nama khaali diina fiiha; ulaa-ika hum shar rul ba riiyah

surat Al-Bayyinah © 2022 brilio.net



Artinya: "Sungguh, orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahanam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Mereka itu adalah sejahat-jahat makhluk."

7. Innal laziina aamanu wa 'amilus saalihaati ula-ika hum khairul bariiy yah

surat Al-Bayyinah © 2022 brilio.net

Artinya: "Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk."

8. Jazaa-uhum inda rabbihim jan naatu 'adnin tajrii min tahtihal an haaru khalidiina fiiha abada; radiy-yallaahu 'anhum wa ra du 'an zaalika liman khashiya rabbah.

surat Al-Bayyinah © 2022 brilio.net

Artinya: "Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ’Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah rida terhadap mereka dan mereka pun rida kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya."