Brilio.net - Sholawat merupakan salah satu dzikir yang sangat dianjurkan untuk dibaca secara istiqamah oleh siapapun. Sholawat adalah bentuk cinta seorang muslim kepada Rasulullah. Membaca sholawat dengan sesering mungkin akan membantu setiap hamba untuk lebih dekat dan senantiasa mengingat akan kebesaran Allah.

Seorang muslim yang membaca sholawat kepada Nabi Muhammad sama seperti memohon atau berdoa kepada Allah untuk Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam agar selalu dilimpahkan keberkahan dan keselamatan. Memperbanyak membaca sholawat diyakini dapat mempermudah terkabulnya hajat yang diinginkan oleh seseorang.

Pada dasarnya tujuan membaca sholawat adalah agar di akhirat nanti seorang muslim mendapatkan syafaat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (4/7) Dalam suatu hadits Rasulullah bersabda:

"Apabila salah satu diantara kamu (manusia) membaca sholawat, sebaiknya diawali dengan mengagungkan nama Allah ta'ala dan memujinya, setelah itu barulah membaca sholawat kepada nabi, setelah itu barulah dapat berdoa sesuai doa yang dinginkan."
(HR.Ahmad, Abu dawud dan tirmidzi)

Terdapat macam-macam sholawat nabi yang dianjurkan untuk dibaca setiap hari salah satunya adalah sholawat munjiyat. Perintah membaca sholawat juga termaktub dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 56 yang berbunyi sebagai berikut:

Bacaan sholawat munjiyat © 2020 brilio.net

Innallaaha wa malaa'ikatahu yusalluna 'alan-nabiyy, yaa ayyuhallaziina aamanu sallu 'alaihi wa sallimu tasliimaa

Artinya:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Bacaan Sholawat Munjiyat, Arab, Latin dan Artinya

Bacaan sholawat munjiyat © 2020 brilio.net

Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii'il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii'al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii'is-sayyi'aati wa tarfa'unaa bihaa 'indaka a'lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii'il-khairaati fil-hayaati wa ba'dal-mamaati

Artinya:

"Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sholawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan dengan sholawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami dengan sholawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan dengan sholawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi dengan sholawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati."

Keutamaan Sholawat Munjiyat

Bacaan sholawat munjiyat © 2020 brilio.net



foto: freepik

Arti dari sholawat Munjiyat sendiri adalah sholawat penyelamat. Penamaan bacaan sholawat di atas tidak terlepas dari kronologi 'terciptanya' bacaan sholawat tersebut yang berasal dari sebuah peristiwa yang dialami oleh salah satu orang 'arif.

"Sebagian orang arif berkata: aku berada di kapal, kemudian badai berembus kencang, hampir saja menyebabkan kami tenggelam. Lalu aku (tertidur dan) melihat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam mimpi, beliau bersabda: Katakan pada mereka 'Bacalah doa Allahumma shalli 'ala Muhammadin shalatan tunjina biha min jami'il ahwali wal afat wa taqdhi lana biha jami'al hajat wa tuthahhiruna biha min jami'is sayyiat wa tarfa'una biha 'indaka a'lad darajat wa tuballighuna biha aqshal ghayat min jami'il khairati fil hayati wa ba'dal mamat, lalu aku terbangun dan kami ucapkan bacaan sholawat tersebut, lalu angin pun terdiam atas seizin Allah ta'ala." (Abdurrahman bin Abdissalam Ash-Shafuri, Nudhah al-Majâlis wa Muntakhab an-Nafâis, hal. 284).

Adapun beberapa keutamaan yang akan didapatkan oleh seorang muslim yang rutin membaca sholawat munjiyat yaitu sebagai berikut:

1. Memudahkan hajat seseorang

Syeikh Al-Buni dan imam jazuli menerangkan bahwa barangsiapa yang berhajat, hajat dunia maupun hajat akhirat, maka bacalah sholawat ini sebanyak seribu kali pada malam hari maka Insyallah hajatnya akan segera dikabulkan oleh Allah.

2. Keinginan cepat terkabul

Barangsiapa membacanya sebanyak 500 kali dalam sehari, maka Insyallah akan dikabulkan hajat dan keinginannya, terutama bagi yang berhajat mohon kekayaan atau minta dipercepat mempunyai keturunan.

3. Membuka pintu rezeki

"Imam As-Suyuty berkata, "sesungguhnya hadits ini shohiih, dan banyak bersholawat atas Nabi Muhammad itu bisa mempermudah jalan rizki dan banyak barakah yang turun, dan bisa untuk menghilangkan kesedihan- kesedihan dan juga untuk memenuhi beberapa hajat."