Brilio.net - Doa menjadi salah satu kegiatan memohon atau meminta kepada Allah terhadap sesuatu hal. Dalam Islam, doa merupakan ibadah yang dipanjatkan seorang muslim saat mengalami kesusahan maupun kemudahan dalam kehidupan di dunia.

Dalam kitab Al Hakim, disebutkan hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Janganlah kalian enggan untuk berdoa. Sesungguhnya seseorang tidak akan binasa bersama doa (Saat ia berdoa)."

Selaras dengan hal itu, dari Al Auza'i menceritakan dari Zuhri, dari Urwah, dari Aisyah radhiallahu anha, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam berdoa."

Dalam ajaran Islam, terdapat banyak sekali doa-doa yang perlu dipanjatkan kepada Allah, sebagai wujud permohonan dalam kehidupan sehari-hari. Berdoa dilakukan tidak hanya selepas sholat saja, namun dalam segala aktivitas dianjurkan untuk selalu berdoa.

Salah satunya doa ketika masuk dan keluar rumah. Tujuan berdoa saat hendak masuk atau keluar rumah tentunya untuk meminta perlindungan dan keselamatan kepada Allah.

Lebih lanjut, berikut doa masuk rumah dan keluar rumah beserta arti dan adabnya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (25/4).