Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Wow
Muhammad Gufron Salim (brl/pep)

15 Maret 2018 23:59

Awalnya iseng, sandal jepit ukiran pria ini malah laku hingga Hongkong

Melayani motif ukir sesuai permintaan..

Awalnya iseng, sandal jepit ukiran pria ini malah laku hingga Hongkong

View Image



Brilio.net - Orang Indonesia terkenal sangat kreatif. Barang yang sebelumnya biasa saja dipoles menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi. Seperti usaha yang dilakukan Lukman (27). Pria asal Brebes ini mengais rezeki dengan mengukir sandal jepit hingga menjadi tampak unik dan berbeda.

Sandal yang memiliki harga asli belasan ribu rupiah, bisa ia jual dengan harga dua kali lipat. "Untuk sandal ukiran Doraemon itu Rp 35 ribu, kalau sandal buat dipajang plus pigura itu Rp 150 ribu," kata Lukman kepada brilio.net, Kamis (15/3).

Luxman Art © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@luxman_art

Menurut pria yang hanya lulusan Sekolah Menengah Atas (SMP) tersebut, pesanan dalam sebulan bisa menyentuh angka 20-an pasang. Pembelinya datang dari beberapa kota besar di Papua, Jakarta, hingga Kalimantan. "Pernah ada tenaga kerja Indonesia (TKI) di Hongkong pesan 15 pasang sandal dan dikirim ke sana," tambahnya.

Loading...

Pria yang pernah bekerja sebagai buruh pabrik di Tangerang tersebut memulai usaha sandal ukir karena kerap menjumpai sandal jepit di kontrakannya kerap hilang. Adanya ukiran itu diharapkan menjadi penanda sehingga sandal tidak hilang. "Awalnya iseng aja. Lah, kok banyak teman pabrik yang suka dan pesan sandal ukiran itu," kenangnya.

Tak ayal, Lukman pun mulai memberanikan diri sejak dua tahun lalu berbisnis sandal jepit ukir. Tak cuma sandal ukir, ia juga membuat gantungan kunci hingga jam dinding yang diukir dengan bahan utama karet sandal jepit.

Luxman Art © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@luxman_art

Warga Desa Wanatirta, Paguyangan, Brebes Jawa Tengah tersebut membebaskan desain ukiran sesuai selera pembeli. Seperti tokoh film, superhero hingga kartun. Disinggung mengenai omzet perbulan, Lukman tak menjelaskan secara detail karena memang tak pernah menghitungnya. "Tapi selama ini ya dapat untunglah," katanya.

Hingga saat ini, akun Instagram Lukman telah diikuti seribu orang lebih. Pemesanan produknya bisa dilakukan dengan kontak via jejaring sosial seperti WhatsApp dan Line.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Sandal jepit Usaha Kreatif Kerajinan
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE