Brilio.net - TikTok menyelenggarakan Festival #SerunyaIndonesia yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk merayakan indahnya keberagaman di Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia. Gelaran ini sejalan dengan rangkaian kampanye hyperlocal #SerunyaIndonesia.

Acara ini menjadi panggung ragam kreativitas yang menyatukan beragam figur publik dan ratusan kreator lintas generasi dari berbagai kategori. Ada lagu Mars #SerunyaIndonesia oleh Slank, aksi pemecahan rekor MURI oleh Alicia Eva untuk kategori "Melukis Pahlawan Terbanyak di Media Mobil", serta "Peragaan Busana oleh Konten Kreator Terbanyak" dari Christie Basil yang menggandeng lebih dari 77 kreator TikTok.

Festival #SerunyaIndonesia diselenggarakan secara langsung dan terbatas di The Tribrata, Darmawangsa, Jakarta pada Jumat (19/8). Selain itu, festival ini juga ditayangkan secara live stream di TikTok LIVE agar dapat dinikmati oleh seluruh komunitas TikTok dari Sabang sampai Merauke.

"Kami mengapresiasi dan mendukung semangat kebhinekaan yang diusung oleh TikTok di Festival #SerunyaIndonesia. Semangat persatuan, kecintaan dan kebanggaan masyarakat terhadap budaya Indonesia, serta kreativitas tanpa batas akan menjadi cara bagi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Platform hiburan digital seperti TikTok dapat berperan efektif untuk merangkul seluruh masyarakat Indonesia agar tetap bersatu di dalam indahnya perbedaan. Selain itu, festival ini juga dapat menjadi momen bagi kita semua untuk bersama-sama membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja untuk Indonesia yang lebih baik," tutur Plt. Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Ni Wayan Giri Adnyani.

Hal senada juga disampaikan oleh TikTok Indonesia.

"Kami melihat bagaimana masyarakat bersatu, saling mendukung, dan saling menyemangati satu sama lain di TikTok, terutama pada saat pandemi. Memasuki masa endemi, kita semua ingin pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Kami melihat kebhinekaan menjadi salah satu kuncinya. Festival #SerunyaIndonesia merupakan perayaan persatuan dalam keberagaman dan juga sebagai bentuk apresiasi kami kepada seluruh komunitas TikTok di Indonesia agar dapat terus menginspirasi dan menggerakkan komunitas menuju hal positif. Di panggung kreativitas ini, kita rayakan #SerunyaIndonesia dengan keberagaman Indonesia karena meski berbeda-beda tetapi kita tetap satu jua," ujar Head of Operations, TikTok Indonesia, Mahwari Sadewa Jalutama.

virtual fashion show atvezzo x tiktokindonesia © berbagai sumber

foto: Instagram/@christiebasill

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa salah satu merek fesyen lokal, Atvezzo juga turut berpartisipasi. Atvezzo sendiri dikenal sebagai merek lokal yang kerap merilis koleksi dress dengan warna-warna netral dengan kimono style yang cantik.

Atvezzo menyelenggarakan gelaran busana bertajuk "Largest Virtual Fashion Show With Most Content Creator as Muses". Pada gelarannya kali ini, Atvezzo berkolaborasi dengan TikTok untuk menggelar fashion show dengan 77 Muses yang merupakan kreator konten TikTok dari beragam usia. Bahkan dalam acara virtual fashion show kali ini Atvezzo berhasil memecahkan rekor MURI sebagai merek fashion lokal Indonesia yang berhasil menggelar gelaran busana dengan muse terbanyak.

"Untuk gelaran busana kali ini Atvezzo berkesempatan untuk berkolaborasi dengan TikTok Official Indonesia untuk menyelenggarakan virtual fashion show dengan muse terbanyak. Persiapannya dimulai dengan pembuatan desain dress yang memakan waktu sekitar tiga sampai 4 bulan. Melalui kolaborasi kali ini, Atvezzo juga ingin memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia dengan mengajak sebanyak 77 muse berbeda untuk menampilkan koleksi terbaru Atvezzo dengan TikTok," ujar Founder local brand Atvezzo, Christie Basil.

virtual fashion show atvezzo x tiktokindonesia © berbagai sumber

foto: Instagram/@christiebasill

"Pesan yang ingin kami sampaikan pada kolaborasi Atvezzo bersama dengan TikTok Official Indonesia kali ini adalah agar pecinta fesyen dapat tetap merasa nyaman dengan diri sendiri dan tetap merasa cantik meskipun memiliki bentuk, ukuran, dan warna kulit yang berbeda," ujar Christie.

Ia juga menuturkan bahwa kolaborasinya kali ini lebih mengedepankan keberagaman Indonesia yang terdiri dari keberagaman suku, budaya, dan adat istiadat. Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa keberagaman tersebut bukan untuk dipandang sebagai kekurangan melainkan menjadi ciri khas masing-masing.

Untuk diketahui, Atvezzo merupakan salah satu merek fesyen lokal yang merilis koleksi dress yang dapat digunakan untuk perempuan dengan berbagai bentuk, ukuran, dan warna kulit sehingga cocok bagi perempuan Indonesia.

Pada kolaborasinya kali ini, Atvezzo membuat tujuh desain dress yang dipadukan dengan warna-warna cantik seperti warna biru, merah jambu, hitam, dan putih yang melambangkan warna logo TikTok. Selain itu, Atvezzo juga tetap menyesuaikan potongan dress tersebut sesuai dengan image brand-nya yang identik dengan kimono style dengan potongan yang minimalis dan elegan.

Beberapa kreator konten TikTok yang turut berpartisipasi dalam gelaran busana Atvezzo X TikTok Official Indonesia adalah Sonia Leonardo, Clarissa Putri, Triarona, Olivia Jensen, Ghea Indrawari, Alsa Aqilah, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, merek fesyen lokal ini juga memiliki concern terhadap sustainable fashion dengan mengolah sisa potongan kain menjadi detail tambahan untuk koleksi dress-nya. Atvezzo juga membagikan sisa potongan kain kepada pebisnis fesyen agar nantinya dapat diolah kembali menjadi produk baru seperti scrunchie dan lain-lain.

Koleksi dress yang dikenakan oleh para model di gelaran virtual fashion kali ini juga dirilis secara komersial di seluruh platform penjualan Atvezzo sehingga koleksinya dijual untuk umum. Nah bagi kamu yang penasaran dengan koleksi dress terbaru dari Atvezzo, kamu bisa melihat berbagai koleksinya melalui laman atvezzo.com atau melalui Instagram @atvezzo.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR