Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikulasi adalah pengucapan kata. Artikulasi juga memiliki arti sebagai perubahan rongga dan ruang dalam saluran suara untuk menghasilkan bunyi bahasa. Selain itu, artikulasi juga dapat dimaknai sebagai bagian tertentu alat ucap yang dituju atau disentuh oleh artikulator seperti bibir atas, gigi atas, pangkal gigi atas, langit-langit keras, dan langit-langit lunak. Sedangkan artikulator adalah alat ucap yang dapat digerakkan dalam berbagai posisi seperti bibir bawah, ujung lidah, daun lidah, dan punggung lidah.

Artikulasi berfungsi untuk meningkatkan cara pengucapan kata sehingga bahasa yang dilafalkan dapat dipahami oleh lawan bicara dengan mudah. Untuk lebih rincinya, berikut brilio.net telah merangkum penjelasan mengenai artikulasi dari berbagai sumber pada Selasa (12/7).

Pengertian artikulasi.

artikulasi dan titik pelafalannya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Vadim Artyukhin

Artikulasi berasal dari bahasa Inggris yaitu articulation yang artinya adalah pengucapan. Pengucapan di sini merujuk pada lambang bunyi bahasa yang sesuai dengan pola-pola standar sehingga dipahami orang lain.

Artikulasi juga dapat diartikan sebagai gerakan-gerakan otot bicara yang digunakan untuk mengucapkan lambang-lambang bunyi bahasa yang sesuai dengan pola-pola yang standar sehingga dapat dipahami oleh orang lain dengan mudah. Pola standar bunyi bahasa yang dimaksud adalah bentuk pengucapan sesuai dengan aturan linguistik dalam pembentukan bunyi bahasa. Bunyi bahasa terjadi karena gerak mekanisme dan kerja perangkat alat bicara sebagai artikulator dan titik sentuh artikulasi dalam menghasilkan pola suara atau bunyi tertentu.

Artikulasi diartikan juga sebagai pembentukan ucapan tentang lambang-lambang bunyi bahasa melalui gerakan organ artikulasi. Bunyi bahasa atau artikulasi terbentuk karena adanya kerjasama yang baik antara artikulator dengan titik artikulasi. Artikulasi juga memiliki perbedaan dengan intonasi. Intonasi berhubungan dengan tinggi rendahnya pelafalan kata, sedangkan artikulasi berhubungan dengan cara mengucapkan kata.