Brilio.net - Sebagai umat Islam, memahami uswatun hasanah merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Arti uswatun hasanah adalah teladan yang baik. Sebab, umat muslim memiliki contoh yang baik dalam bersikap sesuai aturan Allah SWT. Hal ini juga merujuk pada sifat Nabi Muhammad yang menjadi panutan serta teladan umat Islam. Rasulullah SAW merupakan seorang laki-laki pilihan Allah SWT yang diutus untuk menyampaikan ajaran yang benar, yaitu agama Islam.

Nabi Muhammad memiliki sifat-sifat yang patut untuk diteladani oleh seluruh umat Islam. Dengan memahami arti uswatun hasanah, dapat lebih mudah dengan meneladani sifat-sifat dari Nabi Muhammad. Sebab, banyak riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi dijadikan sebagai suri tauladan karena merupakan sosok yang mulia dan tak ada satupun makhluk yang mampu menandinginya.

Bahkan arti uswatun hasanah juga telah dijelaskan dalam Alquran. Maka dari itu, memahami arti uswatun hasanah sangat diperlukan. Lebih lanjut, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (13/7), arti uswatun hasanah beserta sifat-sifat terpuji dan contoh penerapan.

Arti uswatun hasanah.

Arti uswatun hasanah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Uswatun hasanah diambil dari bahasa Arab, yaitu uswatun berarti teladan, sementara hasanah berarti baik atau kebaikan. Sehingga uswatun hasanah jika disimpulkan adalah teladan yang baik. Maksud dari uswatun hasanah yaitu teladan yang baik ditunjukkan untuk Rasulullah SAW. Sebab itulah, segala sikap dan sifat dari Rasulullah menjadi panutan bagi seluruh umat manusia.

Rasulullah sebagai utusan Allah SWT memiliki budi pekerti yang sangat mulia serta terpuji, karena itulah Rasulullah sebagai suri tauladan yang baik bagi manusia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suri tauladan berarti contoh yang baik atau pantas ditiru. Sedangkan, dalam Alquran, kata suri tauladan dapat disebut dengan uswatun hasanah. Hal ini juga dijelaskan dalam surat Al Ahzab ayat 21, yang berbunyi;

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS. Al Ahzab: 21).

Berdasarkan ayat diatas, uswatun hasanah bisa dimaknai sebagai wadah bagi umat Islam untuk mengharapkan rahmat Allah SWT. Caranya degan mengikuti ajaran serta sifat dalam diri Nabi Muhammad SAW.