Brilio.net - Istilah shipping kerap diartikan dengan kegiatan pengiriman barang atau pesanan dalam bisnis online. Shipping juga dapat diartikan sebagai proses pemindahan fisik barang dari satu titik ke titik lain, atau dari satu tempat ke tempat lain.

Shipping juga melekat dalam dunia ekspor dan impor, karena awalnya istilah ini hanya dikhususkan pada kegiatan ekspor dan impor. Namun, saat ini shipping sudah terjadi pergeseran dan perkembangan makna yang semakin luas.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai arti shipping dan ketahui prosesnya. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (3/8).

Arti shipping.

Arti shipping adalah © 2022 berbagai sumber foto: freepik.com

Shipping berasal dari kata bahasa Inggris, yaitu pengiriman. Biasanya shipping digunakan untuk pengiriman paket atau barang dan biasa dimanfaatkan di dunia jasa pengiriman barang atau bisnis. Pada awalnya, shipping juga digunakan untuk pengiriman produk atau barang melalui laut, namun saat ini telah mengalami perluasan makna, dengan begitu shipping juga mencakup pengiriman dari udara dan darat.

Shipping juga dapat dikatakan sebagai pemindahan barang dagangan yang berasal dari gudang kepada konsumen. Proses pengiriman akan mengikuti pembuatan serta pengemasan barang dan nantinya akan dikendalikan perusahaan pengiriman maupun logistik.

Pada dasarnya shipping atau pengiriman ini merupakan bagian penting pada suatu rantai persediaan, berfungsi dalam menyiapkan serta mengirimkan barang kepada pelanggan. Pengiriman bisa dilakukan melalui jalur darat, udara, dan laut untuk pengiriman internasional.

Shipping jalur laut faktanya memang lebih fleksibel, sebab muatan yang diangkut lebih banyak dibanding jalur udara dan darat. Selain itu, tarif yang dikeluarkan juga relatif terjangkau sehingga cocok bagi pelaku bisnis.