Brilio.net - Rendah hati merupakan salah satu budi pekerti atau moral yang kerap kali diabaikan, padahal sikap ini adalah bagian penting dari karakter yang baik. Rendah hati disebut juga dengan tawadhu, seseorang yang memiliki sikap rendah hati akan senantiasa sadar akan keterbatasan dan kemampuan dalam diri sehingga selalu jauh dari sifat sombong.

Rendah hati adalah sikap yang harus dimiliki setiap orang dan hendaknya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, dengan memiliki sikap rendah hati, menjadi salah satu indikator dari tingginya kecerdasan spiritual dari seseorang. Tanda dari seseorang memiliki sikap rendah hati, disaat dirinya semakin bertambah ilmu, maka bertambah pula sikap rendah hatinya atau tawadhu dan kasih sayang.

Seseorang yang memiliki sikap rendah hati akan banyak mendatangkan manfaat baik di dunia maupun di akhirat. Sebab, kehidupan orang rendah hati akan terbebas dari rasa kegelisahan dan selalu merasa tenang. Jika seseorang memiliki sikap tersebut, maka dirinya sudah terbebas dari rasa untuk membanggakan diri atau melebihkan diri sendiri.

Lebih lanjut, berikut dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (18/7), inilah ulasan mengenai arti rendah hati serta ketahui manfaat, ciri-ciri, dan contoh penerapannya.

Arti rendah hati.

Arti rendah hati © 2022 berbagai sumber foto: freepik.com

Rendah hati merupakan salah satu sikap yang terpuji. Sebab, dengan rendah hati maka seseorang dapat menjauhkan diri dari sifat sombong. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti rendah hati adalah sifat tidak sombong atau tidak angkuh. Selain itu, arti rendah hati juga disebut dengan sikap seseorang yang menyadari bahwa dirinya memiliki keterbatasan.

Dalam Islam, arti rendah hati dikenal dengan istilah tawadhu. Bahkan Rasulullah SAW juga telah menerapkan sikap tawadhu bagi umat Islam. Maka dari itu, sebagai seorang muslim hendaknya memiliki sifat dan sikap rendah hati. Hal ini tentunya akan membawa kemaslahatan bagi diri sendiri dan juga orang lain.

Selain itu, rendah hati menurut pandangan Islam juga dijelaskan dalam Alquran dan hadits, diantaranya sebagai berikut.

"Maka berkat rahmat Allah, engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu." (QS Ali Imran: 159)

Adapun penggalan ayat dari Alquran yang menjelaskan untuk selalu bersikap rendah hati dan menjauhi sikap sombong atau angkuh.

"Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung." (QS al-Isra: 37)

Dari beberapa ayat tersebut dapat dikatakan bahwa menerapkan sikap tawadhu atau rendah hati dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting dan merupakan sikap terpuji. Sebab, sikap tawadhu merupakan sikap yang ditunjukkan dengan cara tidak menyombongkan sesuatu terhadap apa yang dimiliki.