Brilio.net - Istilah progres sudah nggak asing lagi terdengar di telinga masyarakat. Secara makna, pengertian progres adalah kemajuan. Pada umumnya, progres adalah upaya pencapaian dengan kreativitas dan optimisme. Progres dalam kehidupan diartikan sebagai kemajuan yang dapat memberikan keuntungan.

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang lebih baik untuk kedepannya. Maka dari itu, orang akan berlomba-lomba untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki untuk membangun kemajuan di masa yang akan datang. Progres juga dapat memberikan perkembangan dalam hal ilmu, kompetensi, dan lain sebagainya.

Jika kehidupan seseorang yang dijalani tidak ada progres maka akan selalu merasa pesimis dan menyerah. Pasalnya, orang akan selalu berada dalam zona nyaman, tanpa melakukan sesuatu hal yang mendorong untuk kemajuan dalam dirinya. Progres ini bisa dikaitkan dalam kehidupan pribadi seseorang, pembelajaran, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Nah, supaya kamu dapat mengetahui lebih lengkap mengenai arti progres dan langkah yang tepat untuk mencapainya, berikut telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (17/10).

Arti progres.

Arti progres adalah kemajuan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Arti progres menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah kemajuan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, istilah progres digunakan untuk menggambarkan terjadinya perubahan kearah kemajuan pada diri seseorang atau bidang tertentu. Secara etimologi, progres sendiri berasal dari serapan bahasa Inggris "progress". Penggunaan istilah ini sudah ada sejak abad ke-14 Masehi yang diambil dari bahasa Latin "progressus" yang artinya langkah kemajuan.

Sementara itu, arti progres menurut Cambridge Dictionary, adalah bagian dari peningkatan atau perkembangan dalam kemampuan, ilmu, dan lain sebagainya. Istilah progres juga dapat diartikan jika "sesuatu yang akhirnya selesai". Kamu bisa memakai kata ini untuk menyebut adanya perkembangan atau keberhasilan dalam pemenuhan target pada suatu bidang.