Brilio.net - Nasionalisme merupakan sesuatu yang terus dibangun dalam suatu bangsa. Nasionalisme adalah paham untuk mencintai bangsa dan negara sendiri. Setiap warga negara yang mencintai tanah airnya maka akan memiliki rasa nasionalisme.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, nasionalisme adalah suatu paham kebangsaan yang kemudian mengandung makna kesadaran serta semangat cinta Tanah Air. Kata ini sendiri mengandung arti memiliki serta rasa kebanggaan sebagai bangsa serta memelihara kehormatan bangsa.

Nasionalisme merupakan gejala psikologis dalam wujud rasa persamaan sekelompok manusia yang memunculkan kesadaran sebagai bangsa. Persamaan itu bisa hadir dari pengalaman sejarah, sehingga melahirkan persatuan dan cita-cita bersama yang ingin diterapkan pada negara yang berbentuk negara nasional.

Rasa nasionalisme ini akan tumbuh karena warga negara ingin berperan kuat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan suatu negara. Selain itu, rasa nasionalisme ini perlu dibuktikan dengan sikap atau perilaku seperti mematuhi hukum negara, turut melestarikan budaya dan warisan negara, serta melakukan aksi nyata untuk membela negara Indonesia.

Lebih lanjut, untuk dapat memahami tujuan, ciri-ciri, dan perkembangan dari nasionalisme, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (15/8).