Brilio.net - Kun fayakun menjadi salah satu kalimat yang sering didengar oleh umat Islam. Karena kalimat kun fayakun seringkali disebutkan dalam Alquran. Ungkapan ini menjadi bukti bahwa kekuasaan Allah SWT luar biasa dan bahkan tidak ada yang tidak dapat dilakukan olehNya. Setiap umat muslim percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah.

Saat kamu merasa sedang putus asa dan mustahil untuk keluar dari suatu masalah yang sedang dihadapi atau saat ingin melakukan sesuatu, selain dengan usaha kamu juga perlu berdoa kepada Allah, maka bagiNya tidak ada lagi yang mustahil. Sebab, ketika Allah telah berkehendak, maka terjadilah sesuatu tersebut.

Dalam buku Cara Nyata Mempercepat Pertolongan Allah ditulis oleh M Syafi'ie el-Bantanie menyebutkan, bahwa apabila ikhlas dan terhimpit pada suatu keadaan yang tidak menyenangkan, kemudian berikhtiar dan tawakal, maka akan mengundang pertolongan Allah. 

Bahkan, Allah senantiasa akan membuka jalan keluar dari semua kesulitan yang dialami oleh umatnya, dan menunjukkan jalan menuju kesuksesan untuk umatnya. Tak jarang, kalimat kun fayakun dapat mengajarkan setiap umat Islam untuk selalu berusaha dan berdoa kepada Allah, sebab Allah bisa melakukan apapun yang ada di dunia ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai arti kun fayakun serta ketahui surat dalam Alquran dan manfaatnya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (8/9).

Arti kun fayakun. 

Arti kun fayakun © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com 

Kalimat kun fayakun merupakan ungkapan atau menjadi simbol bagaimana kebesaran dan keagungan Allah SWT. Bahkan, arti kun fayakun banyak disebutkan dalam beberapa ayat di Alquran. Arti kun fayakun sendiri adalah "Jadilah maka terjadilah". Jika Allah SWT menghendaki sesuatu, maka apapun dapat terjadi.

Kalimat kun fayakun menggambarkan kemahakuasaan Allah SWT dalam menciptakan dan menghendaki sesuatu. Kata kun fayakun juga menjadi sebuah tanda bahwa kita mempercayai bahwa Allah SWT Maha Esa, tiada Tuhan selain Allah. 

Selain itu, kalimat kun fayakun menjadi tanda kebesaran Allah SWT. Dengan ini, seluruh umat manusia diajarkan untuk selalu berusaha dan berdoa kepada Allah terhadap segala sesuatunya, karena jika Allah telah berkehendak maka tidak ada yang tidak mungkin.