Brilio.net - Sejak dahulu manusia di dunia selalu membutuhkan suatu pekerjaan. Pasalnya, melalui pekerjaan manusia dapat bertahan hidup untuk memenuhi kebutuhannya. Apalagi di zaman yang sudah berkembang seperti saat ini, tentu saja manusia akan selalu mencari pekerjaan yang nyaman dan tidak tertekan oleh waktu.

Pastinya, sudah nggak asing dengan istilah freelance. Freelance adalah jenis pekerjaan yang bisa terikat tidak hanya pada satu perusahaan saja, tapi bisa dua atau lebih. Sederhananya, freelance merupakan sebutan bagi orang yang berstatus pekerja tetapi waktu kerja tersebut dapat diatur sendiri.

Pekerjaan freelance dinilai memiliki banyak kelebihan. Bahkan tak sedikit juga orang yang minat untuk bekerja secara freelance. Menjadi seorang pekerja freelance merupakan pilihan bagi orang yang tidak ingin terikat jam kerja atau lebih bebas. Bisa juga kerja freelance digunakan untuk pekerjaan sampingan diatas pekerjaan utama atau tetap.

Akan tetapi, tidak semua pekerjaan freelance memiliki kelebihan, pasalnya kerja sebagai freelance pun mempunyai kekurangan. Maka dari itu, penting mengenal lebih jauh tentang pekerjaan freelance. Berikut kelebihan, kekurangan, dan cara memulai kerja freelance. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (1/9).