Brilio.net - Istilah definisi seringkali ditemukan dalam sebuah kalimat atau paragraf. Biasanya istilah definisi digunakan untuk menjelaskan, mendeskripsikan, atau menguraikan sesuatu baik itu kata, frasa, atau kalimat tertentu.

Kalimat definisi juga menjadi kalimat utama yang terletak di awal paragraf bacaan. Dengan menggunakan istilah definisi, maka pembaca dapat mengetahui informasi yang disampaikan dalam sebuah kalimat tersebut. Kalimat definisi juga memakai kata penghubung seperti adalah, bahwa, merupakan, yaitu, yakni, dan lain sebagainya.

Definisi juga diartikan sebagai penjelasan mengenai pengertian yang memiliki fungsi membatasi objek, konsep, dan keadaan berdasarkan waktu dan tempat suatu kajian. Adapun penjelasan lebih lengkapnya mengenai arti, ciri-ciri, jenis, dan contohnya, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (23/8).

Arti definisi.

Arti definisi adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Kalimat definisi menjadi salah satu penanda teks eksplanasi. Kalimat definisi bisa terdapat pada bagian pembuka teks eksplanasi, yaitu bagian pernyataan umum. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi adalah kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Sehingga kalimat definisi adalah rangkaian kata yang bertujuan menjelaskan baik arti maupun makna suatu objek.

Dalam buku berjudul Mengonstruksi Laporan Hasil Observasi untuk SMA/SMK Sederajat yang ditulis oleh Muniroh dan Mirza, kalimat definisi adalah kalimat yang mengandung pembatasan cakupan pengertian suatu hal sehingga menjadi jelas dan nyata.

Secara umum kalimat definisi terbagi menjadi dua unsur, yaitu definiendum dan definiens. Definiendum adalah unsur kata atau istilah yang didefinisikan, sedangkan definiens adalah unsur kata, frasa, atau kalimat yang berfungsi menguraikan pengertian.