Brilio.net - Bismillah merupakan lafal yang diucapkan saat memulai suatu aktivitas. Makna kata bismillahirrahmanirrahim menjadi bagian dari dzikir umat Islam kepada Allah SWT. Ketika seorang muslim melakukan aktivitas atau kegiatan apa saja, dan memulai dengan membaca bismillah maka akan merasa tenang dan membuat semua yang dilakukan menjadi lancar.

Setiap umat Islam penting untuk mengetahui makna kata bismillah. Sebab, setiap harinya tentu kalimat tersebut seringkali diucapkan, seperti halnya sedang sholat, membaca Alquran, dan memulai suatu kegiatan. Arti bismillah apabila diucapkan setiap saat maka apa yang dilakukan dapat membawa kebaikan dan keberkahan.

Memahami arti bismillah membuat seorang muslim sadar tentang berbagai keutamaannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, berikut penjelasan arti bismillah, makna, dan keutamaannya. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (28/7).

Arti dan makna bismillah.

Arti bismillah © 2022 berbagai sumber

foto: pexels.com

"Bismillahirrahmanirrahim"

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"

Sebagai seorang muslim, mengucap lafal bismillah berarti memohon restu dan kelancaran atas usaha yang akan dilakukan kepada Allah SWT. Kalimat bismiilah sangat dianjurkan untuk dibaca setiap umat Islam. Secara umum, arti bismillah adalah meniatkan segala sesuatu yang dilakukan atas nama Allah.

Lafal bismillah ini diucapkan sebagai bentuk "doa" yang selalu diamalkan saat mengawali suatu perbuatan yang baik. Kalimat bismillah juga dapat diamalkan sebagai dzikir yang memiliki manfaat bagi bagi selurut umat Islam.

Dalam Alquran, lafal bismillah terdapat sebanyak 114 kali di setiap awalan surat. Hanya ada satu surat yang tidak diawali dengan kalimat bismillah yaitu surat At-Taubah. Hal ini dikarenakan, surat At-Taubah merupakan surat yang diawali dengan seruan perang. Sedangkan, kalimat bismillah mengandung makna kasih sayang sehingga tidak mungkin sebuah peperangan dilandasi dengan kasih sayang.

Disamping itu, ada satu lafal bismillah yang terdapat pasa surat An-Naml ayat 30, sehingga jumlahnya dalam Alquran menjadi genap 114 seperti jumlah seluruh surat di dalamnya.

Makna bismillah menurut para ulama.

Para ulama menafsirkan lafal Bismillahirrahmanirrahim menjadi empat hal penting, diantaranya sebagai berikut;

- Awalan Bi, memiliki makna kekuasaan dan pertolongan. Orang yang melafalkan bismilah sebelum memulai sesuatu meniatkan perbuatannya atas dasar kekuasaan dan pertolongan Allah.

- Bismillahirrahmanirrahim erat kaitannya dengan kalimat tauhid yaitu “la ilaha illa Allah”. Kalimat tauhid merupakan kalimat mulia yang membesarkan Allah. Dengan mengucapkan bismillah, seseorang senantiasa mengagungkan Allah di setiap tindakannya.

- Bismillahirrahmanirrahim diucapkan sebagai bentuk pengakuan bahwa Allah merupakan sang penguasa alam semesta yang agung.

- Bismillahirrahmanirrahim mengandung dua sifat Allah yaitu ar-rahman dan ar-rahim. Ar-rahman berarti Allah Maha Pengasih, dan Ar-rahim berarti Allah maha penyayang.