Brilio.net - Umat Islam dianjurkan untuk selalu berdoa dan bertakwa kepada Allah SWT. Selain itu, sebagai seorang muslim juga perlu mengetahui nama-nama Allah yang indah atau Asmaul Husna. Terdapat 99 Asmaul Husna yang berisi sifat dan kuasa Allah yang tidak terbatas. Jika umat muslim benar-benar ingin beriman kepada Allah, maka hendaknya mengenal nama-nama Allah.

Sebab, dengan mengenal nama-nama Allah, akan membuat umat muslim selalu mengagungkan-Nya dan semakin taat pada perintah Allah. Bahkan Rasulullah SAW juga menganjurkan umat Islam untuk melantunkan Asmaul Husna.

"Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barangsiapa yang memahaminya akan masuk surga." (HR. Bukhari dan Muslim).

Salah satu nama-nama indah Allah adalah Al Alim. Al Alim merupakan Asmaul Husna yang menjelaskan bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu, baik sebelum atau sesudah sesuatu itu. Bahkan Allah Maha Mengetahui yang terjadi di alam semesta, baik yang tampak maupun gaib. Dia adalah yang mengetahui semua detail dan tidak ada yang luput dari perhatian-Nya.

Lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Minggu (10/7), inilah arti Al Alim lengkap beserta dalilnya dalam Al-Qur'an dan hadis.