Brilio.net - Apatis adalah sikap acuh tak acuh atau tidak peduli atas apa yang terjadi di lingkungan sekitar. Menurut psikologi, apatis adalah kondisi kejiwaan seseorang yang ditandai dengan perasaan tidak tertarik, tidak peduli, dan ketidakpekaan terhadap kehidupan sosial, emosional, dan fisik.

Seseorang yang memiliki sikap apatis akan memiliki kecenderungan untuk tidak peduli dengan kehidupan fisik, emosional, dan sosial. Perilaku apatis bisa juga disebabkan karena bentuk reaksi terhadap stres dan depresi yang dialaminya.

Sementara menurut ilmu kedokteran, apatis merupakan ketumpulan moral, kurangnya rasa senang, maupun sakit. Mengutip dari webmd.com, apatis bisa menjadi gejala masalah kesehatan mental, penyakit Parkinson, atau penyakit Alzheimer, dan seringkali berlangsung lama.

Untuk dapat memahami lebih lanjut mengenai ciri-ciri apatis dan dampaknya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (17/6).

Ciri-ciri apatis.

Apatis adalah sikap tidak peduli © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Apatis merupakan bentuk rasa tidak peduli atau tidak tertarik dengan kehidupan dan lingkungan sosial. Berikut ini ciri-ciri yang umum terjadi dari apatis.

1. Seseorang yang apatis akan kehilangan minat atau juga ketertarikan terhadap banyak hal di dalam hidupnya.

2. Seseorang yang apatis akan merasa tidak peduli dengan aspek-aspek penting didalam kehidupan manusia seperti aspek emosional, sosial, atau juga kehidupan fisik.

3. Ciri-ciri apatis adalah kehilangan motivasi dan gairah terhadap hal-hal yang dulunya dianggap menarik serta menyenangkan.

4. Ciri-ciri apatis adalah tidak peka atau juga tidak peduli terhadap orang lain serta keadaan lingkungan sekitarnya.

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR