Brilio.net - Mendengan sebutan hunian vertikal, kamu pasti sudah tak asing lagi. Ya, istilah itu digunakan untuk menyebut apartemen atau rumah susun. Kebutuhan perumahan yang semakin banyak, sementara luas tanah tetap, membuat kebutuhan hubian vertikal semakin mendesak di kota-kota besar. Tapi pernahkah kamu mendengar hunian vertikal yang sekaligus menjadi hutan vertikal? Tentu belum banyak yang tahu kan?

Di Milan, Italia, terdapat apartemen sekaligus hutan vertikal yang disebut Bosco Verticale atau Vertical Forest dalam bahasa Inggris. Disebut-sebut, apartemen ini sebagai apartemen sekaligus hutan vertikal pertama di dunia.

Seperti namanya, hunian yang diresmikan pada Oktober 2014 lalu ini selain sebagai tempat tinggal juga sebagai hutan. Pohon-pohon yang biasanya ditanam brjajar di atas tanah secara horizontal diubah menjadi vertikal di tepi-tepi gedung.

BACA JUGA: 10 Pengorbanan yang sering dilakukan cowok saat ngejar gebetan

Dikutip brilio.net dari twistedsifter.com, Selasa (2/8), dua menara ini memiliki ketinggian 110 meter dan 76 meter. Terdapat lebih dari 900 pohon dan 2000 pohon paku-pakuan maupun bunga yang ditanam tersebar pada dua tower itu. Pada setiap tepi bangunan, terdapat tempat tumbuhnya pohon-pohon itu dengan ukuran 3 x 6 x 9 meter.

Loading...

Proyek ini selain untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang semakin tinggi di perkotaan, juga sebagai langkah reboisasi di kota metropolitan yang sudah sulit ditemui lahan kosong. Jika dipindah pada tanah datar, hutan vertikal ini sama dengan hutan seluas 7.000 meter persegi.

Reboisasi yang dilakukan tentu juga berdampak pada lingkungan apartemen karena menghasilkan kelembaban lebih, terserapnya CO2 dan partikel debu, serta diproduksinya oksigen di sekitar apartemen. Jenis pohon yang ditanam juga sudah benar-benar diperhitungkan, seberapa tinggi pohon itu akan bisa tumbuh.

Pada 19 November 2014, Bosco Verticale memnangkan International Highrise Award, sebuah kompetisi internasional bergengsi yang diberikan setiap dua tahun sekali untuk memberikan penghargaan pada bangunan dengan tinggi minimal 100 meter. Bosco Berticale menyisihkan 26 nominator dari 17 negara. lalu pada 12 November 2015, Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) memilih Bosco Verticale sebagai "2015 Best Tall Building Worldwide".

Wah menarik ya? Biar kamu semakin kagum dengan proyek perumahan sekaligus reboisasi ini, yuk lihat foto-foto dikutip dari twistedsifter.com.

1. Ini penampakan Bosco Verticale.

Bosco Verticale © 2016 brilio.net

2. Ini rancangannya. Irigasi untuk pohon di tower ini sudah didesain sedemikian rupa.

Bosco Verticale © 2016 brilio.net

3. Saat proses pembangunan tower yang didesain oleh Boeri Studio ini.

Bosco Verticale © 2016 brilio.net

4. Proses pembangunannya.

Bosco Verticale © 2016 brilio.net

5. Hasilnya seperti ini.

Bosco Verticale © 2016 brilio.net

6. Tak terasa kalau bangunan vertikal karena menengok ke luar apartemen ada tumbuhan.

Bosco Verticale © 2016 brilio.net

7. Top banget ya?

Bosco Verticale © 2016 brilio.net

8. Solusi kebutuhan perumahan sekaligus solusi krisi lahan untuk ruang hijau.

Bosco Verticale © 2016 brilio.net

9. Tinggal di sini rasa-rasanya tenang banget.

Bosco Verticale © 2016 brilio.net

10. Hmmm...tertarik punya satu apartemen di sini?

Bosco Verticale © 2016 brilio.net

foto: lifegate.com-

RECOMMENDED BY EDITOR