Brilio.net - Attitude merupakan sikap, perilaku, atau tingkah laku yang dimiliki seseorang dalam melakukan interaksi dengan orang lain. Memiliki attitude sangatlah penting bagi diri sendiri sekaligus orang sekitar.

Dalam kehidupan sehari-hari, attitude sering diartikan dalam artian lebih sempit, yaitu menyangkut etika dan kesopanan. Memiliki attitude sangat berpengaruh terhadap kehidupan setiap manusia.

Attitude merupakan komponen penentu dari perilaku karena keduanya memiliki hubungan dengan persepsi, kepribadian, dan perilaku. Attitude merupakan keadaan mental yang dipelajari dan diorganisasikan melalui pengalaman, menghasilkan pengaruh yang spesifik terhadap respons seseorang terhadap orang lain objek dan situasi yang berhubungan.

Adanya attitude menjadi salah satu sikap yang dihasilkan dari pengalaman atau didikan baik dari orang tua, pendidikan, dan lainnya sehingga membentuk attitude yang baik. Maka dari itu, attitude menjadi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, sebagai bentuk yang menggambarkan ciri, karakter, dan kepribadian manusia.

Lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (22/6), pahami definisi, fungsi dan faktor pembentuk attitude dalam diri setiap individu.