Brilio.net - Isu kehamilan bisa terjadi di kolam renang sempat membuat pro dan kontra di kalangan netizen Indonesia. Namun isu tersebut segara ditepis oleh anggota Ikatan Dokter Indonesia dan dinyatakan tidak tepat. Namun ternyata dengan meredamnya isu tersebut tidak menutup akses Indonesia jadi sorotan dunia.

Indonesia kembali menjadi pembicaraan publik, kali ini bahkan sampai ke telinga negara lain. Hal ini berawal sejak adanya anjuran yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. Menko PMK menganjurkan agar orang kaya menikah dengan orang miskin untuk memutus rantai kemiskinan.

Dilansir brilio.net pada Selasa (25/2) dari merdeka.com, Muhadjir sebelumnya meminta menteri Agama Fachrul razi untuk menerbitkan fatwa perkawinan lintas tingkat perekonomian. Hal itu dikatakan Muhadjir sebagai gerakan moral untuk memutus rantai kemiskinan.

"Supaya yang kaya tidak harus memilih-milih ketika memilih jodoh atau menantu harus sama kaya. Jadi gerakan moral saja. Fatwa itu anjuran," ungkap Muhadjir.

Anjuran Menteri Muhadjir © 2020 brilio.net

Loading...

foto: Merdeka.com

Anjuran Menko PMK Muhadjir ini tentu membuat netizen Indonesia terkejut. Namun menanggapi hal itu, Muhadjir memberikan penjelasan lebih lanjut bahwa itu hanya merupakan anjuran untuk memutus rantai kemiskinan. "Itu kan intermezzo. Yang kedua, fatwa itu anjuran, saran, silakan saja," ujar Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenen Jakarta pada Kamis (20/2).

Usulan yang diberikan Menko PMK ini berdasarkan riset yang menunjukkan data pada September 2019, ada 9,4 persen keluarga miskin di Indonesia dari 57 juta rumah tangga. Jadi ada sekitar 5 juta keluarga miskin di Indonesia. Hal itu juga dipengaruhi pola perilaku masyarakat yang menikah dengan mencari kesetaraan. Si kaya menikah dengan si kaya, si miskin menikah dengan si miskin.

Muhadjir Effendy menginisiasi untuk melakukan sertifikasi pra-nikah untuk bertujuan tidak memunculkan keluarga miskin lagi di Indonesia. Menurut Muhadjir, program ini sudah dilakukan di negara-negara Asia seperti Korea, Malaysia, dan juga Singapura.

Meskipun dikatakan hanya sebuah anjuran, ternyata usulan Muhadjir sampai jadi sorotan dunia. Tak hanya netizen Indonesia yang mempertanyakan mengenai pendapat Menko PMK, bahkan pernyataan tersebut sampai masuk dalam situs humor 9GAG.

Dalam akun Twitter @9GAG pada Selasa (25/2), akun tersebut mengulas mengenai anjuran Menteri Muhadjir dan menuliskan sebuah cuitan singkat. "Apakah ini alur untuk Parasite 2?" begitu tulis akun 9gag yang menghubungkan anjuran tersebut dengan film Parasite.

Berbagai respons diberikan netizen Indonesia dan juga negara lain. Mulai dari hal serius sampai guyonan diberikan dalam menanggapi cuitan akun tersebut.

Anjuran Menteri Muhadjir © 2020 brilio.net

foto: Twitter/@9GAG

"Menteri pada go internasional, keren bgt indo sekarang," ujar @sonof_walrus

"Kalau gini apakah jadi ada kesempatan berjodoh dengan Atta Halilintar?" cuit akun @wulandevv

"Welcome to Indonesia," tulis akun @Pimajabrix

RECOMMENDED BY EDITOR