Brilio.net - Setiap siswa yang mengenyam pendidikan di bangku sekolah diharapkan bukan cuma menguasai teori dari materi yang dibahas, tapi juga bisa mengaplikasikannya di dunia nyata. Nah, semua ini akan menjadi sulit jika tidak coba dipraktikkan saat belajar di kelas.

Salah satu pelajaran yang seru dan asik adalah ketika praktik akad nikah. Praktik nikah, yang biasanya dimuat dalam mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) ini mengharuskan siswa melakukan reka adegan akad nikah sesuai dengan syariat.

Untuk mendapatkan nilai maksimal, para siswa nggak tanggung-tanggung dalam melaksanakannya. Seperti yang dilakukan oleh siswa di SMA 2 Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

Dilansir dari TikTok @smallbusinesnyaica, Jumat (4/11), seorang siswa membagikan momen di balik layar praktik menikah di sekolahnya.

praktik nikah totalitas © TikTok

foto: TikTok/@smallbusinesnyaica

Sebelum memulai praktik, semua siswa satu kelas itu bersiap. Siswa perempuan mulai berdandan dan memakai kostum sesuai peran masing-masing. Terutama bagi pemeran mempelai, mereka harus didandani bak pengantin sungguhan.

MUA pengantin tak lain adalah temannya sendiri. Sang MUA merias temannya itu menjadi pengantin Sunda dengan wajah full makeup, serta kebaya dan siger.

praktik nikah totalitas © TikTok

foto: TikTok/@smallbusinesnyaica

Persiapan tampak berjalan lancar sebab sesama siswa saling membantu. Bukan cuma pengantin, pelajar SMA 2 Banjar ini juga ada yang berperan sebagai Kamtibmas, penghulu, bridesmaid, dan sebagainya.

Praktik menikah yang dilakukan oleh pelajar SMA 2 Banjar ini bisa dibilang cukup totalitas. Bagaimana tidak? Kedua siswa dirias bak pengantin sungguhan, sehingga tampil sempurna saat praktik.

praktik nikah totalitas © TikTok

foto: TikTok/@smallbusinesnyaica

Video yang diunggah Kamis (3/11), itu seketika menarik perhatian warganet. Nggak sedikit juga yang memuji kreativitas dan kesungguhan dari para siswa ini.

"ini mah kaya make up pengantin beneran woi bgs bngt," puji @iyayyy18.

"inii seperti bukan praktek nikah dehudah cocok jadi pengantin beneranapalgi makeup nya bagus bangett," komentar @xydian.

"kerennn ih makeupnya kaya pengantin bneran," ujar @pedelpop.

"woyy ini mahhhh kayak make up pengantin beneran ," kata @YOONSA.

@smallbusinesnyaica Membalas @PP lunas ya baru selesai ngedit ni pulang sekolah wkwk #sman2banjar #prakteknikah suara asli - anakesema