Brilio.net - Membuang sampah sembarangan masih menjadi kebiasaan buruk yang hingga kini belum hilang dari budaya masyarakat Indonesia. Salah satu tempat yang biasanya digunakan untuk membuang sampah sembarangan adalah sungai. Tak heran jika sampah di sungai menumpuk.

Menumpuknya sampah di sungai memberikan dampak buruk bagi kehidupan masyarakat sekitar. Sampah menumpuk bisa membuat aliran air menjadi tersumbat, pemandangan rusak, dan paling parah adalah bisa mengakibatkan banjir di sekitar area sungai.

Berbagai cara dilakukan para pecinta lingkungan agar masyarakat lebih sadar dengan lingkungan sekitar. Mulai dari memberikan edukasi kepada masyarakat dan memulai aksi langsung terjun ke sungai untuk membersihkan sampah yang menumpuk.

Hal ini seperti yang dilakukan seorang pemuda yang aksinya menjadi viral di media sosial. Pemuda yang tidak diketahui namanya itu mengunggah video di akun TikTok pribadinya @cintaalam__, Jumat (26/8) lalu.

 Aksi pemuda bersihkan sampah Tiktok

foto: TikTok/@cintaalam__

Dalam video berdurasi kurang lebih 1 menit itu memperlihatkan sungai yang penuh dengan sampah menumpuk. Sampah-sampah tersebut terlihat menggenang dan menghambat saluran air.

Melihat tumpukan sampah yang mengganggu pemandangan, membuat hati pemilik akun tergerak untuk membersihkan sampah-sampah tersebut.

"Yukk jaga kebersihan tanah air Indonesia," kata si pemuda yang dikutip brilio.net, Sabtu (27/8).

(brl/jad)

RECOMMENDED BY EDITOR